Figur  

Raih Prestasi meski tak Selaras dengan Hobi

Elsa Bunga Nadhiifa
Elsa Bunga Nadhiifa. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

MENJADI siswa yang memiliki segudang bakat merupakan impian semua orang, tak terkecuali Elsa Bunga Nadhiifa. Meski tak selaras dengan hobinya yakni menari, tak menjadi penghalang baginya untuk bisa berprestasi di bidang lain. Salah satunya taekwondo.

Elsa menceritakan, dirinya mengikuti taekwondo itu karena diajak teman, yang mana orang tuanya itu adalah guru taekwondo. Meski begitu, di awal mengikuti taekwondo itu merasa takut.

“Setelah terjun langsung mengikuti latihan, ternyata tidak se-menakutkan apa yang saya bayangkan. Seperti melakukan gerakan split dan lain sebagainya,” ungkapnya saat ditemui Joglo Jogja, belum lama ini.

Baca juga:  Kombinasikan Makanan Lokal dan Western

Setelah mengikuti berbagai latihan, Elsa akhirnya memberanikan diri mengikuti perlombaan dan berhasil meraih jura dua pada 2022 dalam kompetisi Koni Cup. Raihan itu kemudian menjadi pemantik semangat untuk terus berlatih dan meraih prestasi.

“Pada 2023 saya juga memperoleh berbagai kejuaraan seperti Taekwondo Bayangkara Presisi dengan meraih juara dua, kemudian Kejuaraan Nasional (Kejurnas) wilayah 3 DIY Open Piala gubernur dengan memperoleh juara 3, dan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Sleman dengan meraih juara tiga,” ungkapnya.

Dara asli Sleman itu menjelaskan, meski telah mendapatkan berbagai penghargaan, bukan berarti Ia tak memiliki kendala. Seperti harus membagi waktu latihan dan belajar, serta jarang ada yang mengantar, lantaran orang tuanya sibuk bekerja. Meski begitu, baginya, itu semua bukan suatu masalah yang besar dalam meraih cita-cita.

Baca juga:  Daraen dan Nisrina, Siswa MTsN 9 Sleman yang Berhasil Kembangkan Riset untuk Bantu Orang Buta

“Saya terus berlatih dan mencari pengalaman karena saat besar nanti, saya ingin menjadi atlet profesional, sehingga bisa membanggakan orang tua. Selain itu, memiliki keahlian taekwondo juga menurutku bisa jadi salah satu perlindungan diri jika ada orang jahat,” tambahnya.

Selain menjadi atlet taekwondo, dirinya juga memiliki berbagai hobi yang dapat terus dikembangkan bakatnya seperti menari dan menyanyi. Baginya, hal itu merupakan treatment untuk mengurangi stres saat mengikuti taekwondo.

“Untuk nyanyi, saya pernah mendapatkan juara di sekolah saja, namun belum terpikirkan untuk melanjutkan ke profesional. Sedangkan untuk menari, saya lakukan saat ada waktu lengang sebagai hobi saja,” pungkasnya. (riz/abd)