Bawang Merah Penyumbang Terbesar Deflasi di Rembang

Kepala BPS Rembang, Teguh Imam Santoso.
Kepala BPS Rembang, Teguh Imam Santoso. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pada Juni 2024, di Kabupaten Rembang mengalami deflasi month to month (m to m) sebesar 0,22%, inflasi year on year (y on y) dan inflasi years to day (y to d) sebesar 0,11%. Pada bulan ini komoditas penyumbang utama deflasi yaitu bawang merah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang, Teguh Iman Santoso, dalam kegiatan press release berita resmi statistik, di kantor BPS Rembang, Selasa (2/7). Dia mengatakan, penyumbang utama deflasi pada Juni 2024 secara m to m adalah makanan, minuman dan tembakau dengan andil -0,30%.

Baca juga:  78 Mahasiswa IPB KKN Tematik di 10 Desa di Rembang

“Komoditas penyumbang utama deflasi antara lain bawang merah, tomat, telur ayam ras, bayam, daging ayam ras, gula pasir, jeruk, kangkung, kelapa dan bawang putih.

Ia menambahkan kelompok penyumbang utama inflasi Juni 2024 secara y on y kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 1,11%. Komoditas penyumbang utama berupa beras, cabai merah, gula pasir, tahu mentah dan bawang putih.

Sementara kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dengan andil 0,41%. Komoditas penyumbang utama inflasi pada kelompok ini adalah bakso siap santap, mie, es, soto dan sate.

Baca juga:  Karya Seni: Edisi Gareng Menyandang Gelar Sarjana

Sedangkan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya dengan andil 0,36%. Komoditas penyumbang utama inflasi pada kelompok ini adalah popok bayi sekali pakai (diapers), emas perhiasan, tarif gunting rambut pria, krim wajah dan tisu.

Tingkat inflasi y on y di Kabupaten Rembang menurut Teguh tertinggi di Jawa Tengah. Sedangkan posisi terendah ditempati Kabupaten Wonosobo sebesar 2,00%. Sebelumnya, pada Januari 2024 inflasi y on y di kota garam sempat mencapai 4,93%.

“Secara keseluruhan di bulan Juni Rembang secara umum mengalami Deflasi. Perlu di ketahui yang menjadi pemicu deflasi terbesar yaitu bawang merah,” pungkasnya. (cr3/fat)