Kudus  

BPPKAD Berlakukan Bebas PBB Hingga Agustus

TUNAIKAN: Para wajib pajak sedang melakukan layanan pajak di kantor BPPKAD Kudus, Selasa (2/7/24). (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus kembali memberikan program layanan pemutihan atau penghapusan denda pajak. Keringanan tersebut berupa penghapusan denda Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Kudus. Program tersebut berlangsung hingga 31 Agustus mendatang.

Kepala BPPKAD Kudus, Djati Solechah menyampaikan, pembebasan denda PBB tersebut merupakan amanah Undang-undang. Sehingga perlu adanya tindak lanjut atas perintah aturan hokum yang ada.

“Program ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan mengoptimalkan penerimaan. Biasanya kami buka jelang Hari Raya,” ungkapnya, Senin (1/7).

Baca juga:  Perpanjangan Masa Jabatan Kades di Kudus Masih Berproses

Ia mengatakan, pembebasan denda PBB tersebut dirasa cukup membantu bagi para wajib pajak. Khususnya para wajib pajak yang hingga tagihan PBB belum menunaikan kewajibannya.

“Layanan yang sama ini pernah dibuka dan terbukti bisa meningkatkan capaian penerimaan sektor ini. Apalagi ini tidak terbatas pada tunggakan PBB di tahun tertentu, mau tahun berapapun bisa memanfaatkan program ini, jadi cuma bayar pajaknya saja, tidak dengan dendanya,” katanya.

Djati menilai hingga saat ini kepatuhan wajib pajak akan kewajibannya sudah cukup baik. Tetapi masih ada wajib pajak yang menunggak membayarkan pajaknya.

Baca juga:  DPC Partai Gerindra Kudus Tunggu Keputusan DPP

Pihaknya juga berharap, melalui program ini banyak wajib pajak yang memiliki tunggakan PBB bisa segera membayarkannya. Dengan begitu, nilai tunggakan PBB di Kudus bisa berkurang.

“Penghapusan denda ini mengurangi beban masyarakat. Sehingga pendapatan sektor PBB akan semakin meningkat,” harapnya. (cr1/fat)