Kudus  

Satu Jemaah Haji asal Kudus Tutup Usia

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kudus, Shony Wardana.
Pelaksana Harian (Plh) Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kudus, Shony Wardana. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Seorang jemaah haji bernama Ratna Rajam (57), warga Desa Gondosari RT 03 RW 01, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus dikabarkan meninggal dunia di Kota Mekkah, Saudi Arabia. Kabar duka tersebut diterima Kementerian Agama Kabupaten Kudus pada Senin (1/7).

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kudus, Shony Wardana, turut membenarkan adanya satu jemaah haji asal Kudus yang tutup usia di tanah suci. Ia mengatakan, almarhumah merupakan jemaah haji dari kloter 71.

“Sebelumnya, pada 23 Juni lalu, yang bersangkutan mengalami penurunan kesadaran. Kemudian dirujuk ke ICU di RS An-Nur sampai tanggal 1 Juli 2024,” katanya, Selasa (2/7/24).

Baca juga:  HUT Bhayangkara, Momentum Kolaborasi untuk Negeri

Menurut keterangan Shony, Ratna menghembuskan nafas terakhirnya di ruang ICU Rumah Sakit An-Nur Arab Saudi pada Senin (1/7). Dan dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 19.45 Waktu Arab Saudi.

Ia menyebut, jemaah haji yang meninggal ini diduga kelelahan dan sekaligus faktor cuaca terik di Arab Saudi. Sebab pada 22 Juni lalu, almarhumah sudah merasakan tidak enak badan.

“Sempat merasa lemas dan mendapat perawatan kemudian membaik. Kemungkinan karena faktor cuaca kelelahan,” ujarnya

Shony membeberkan, jenazah saat ini sudah dimakamkan di pemakaman umum Soraya, Arab Saudi. Ia mengaku telah mendapat kabar jika pemakaman telah selesai dilakukan.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas, DBHCHT Bantu Pengadaan Ambulans dan Obat-obatan

“Kami turut berduka cita atas wafatnya jemaah haji. Semoga almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Dan kami harap tidak ada ada lagi jemaah haji asal Kudus yang meninggal dan bisa sampai di tanah air dengan keadaan sehat,” harapnya. (cr1/fat)