Lestarikan Lingkungan dengan Tanam 750 Pohon

TINJAU: Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska saat menilik penanaman pohon di Dusun Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Rabu (3/7/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Polres Pemalang bersama Kodim 0711/Pemalang menggelar penanaman pohon atau reboisasi dan bakti sosial (Baksos) di Dusun Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Rabu (3/7/24). Total ada 750 tunas pohon mangga dan bambu yang ditanam di area bekas TPA Pesalakan, dengan tujuan penghijauan, kelestarian dan memperindah lingkungan sekitar.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Apriliya menuturkan, ini merupakan bentuk kepedulian instansi TNI dan Polri dalam mendorong program pemerintah, terutama mendukung kesejahteraan rakyat. Dengan penanaman pohon, serta baksos berupa pembagian 788 kartu BPJS, yang rincianya 550 kartu sudah aktif dan 238 kartu belum aktif, sekaligus pengobatan gratis. Kemudian ditutup dengan vogueing di lokasi TPA Pesalakan.

Baca juga:  Mansur Optimis Diusung 3 Partai Pemenang Pemilu

“Ini jadi program sinergitas kita untuk mendorong kesuksesan Pemkab dalam menyejahterakan masyarakat di Pemalang,” terangnya, Rabu (3/7/24).

Selain reboisasi dan baksos, pihaknya juga melaksanakan giat Pembinaan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bin Harkamtibmas) untuk masyarakat Dusun Pesalakan. Dengan mengajak masyarakat serta Pemkab Pemalang bersama-sama mengelola sampah, tidak hanya dibuang ke TPA saja, tetapi ada keberlanjutan pengolahan yang baik dan ramah lingkungan.

“Masyarakat dan Pemkab harus berkolaborasi, pemerintah menyediakan fasilitas yang baik terpadu untuk pengolahan. Kemudian masyarakat mendukung dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta memilah masing-masing jenisnya,” pungkasnya.

Baca juga:  Bupati Pemalang Ajak Masyarakat Lebih Peduli Lingkungan

Sementara itu, sampah menjadi momok yang menghantui setiap daerah termasuk Pemalang yang mulai Juli 2024 tidak memiliki TPA, setelah penutupan TPA Pesalakan. Harapannya akan ada kesinambungan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat tanpa masalah sampah.(fan/sam)