Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Finmap untuk Atasi Pinjol dan Judol

BERSAMA: Dosen pembimbing tim Dimas Bagus Wiranatakusuma bersama dengan seluruh tim pencipta aplikasi Finmap saat berfoto bersama, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

TIM peneliti Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menciptakan aplikasi perencana keuangan pintar bernama Finmap. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi Flutter, Laravel, dan Next.JS.

Dosen pembimbing tim tersebut, Dimas Bagus Wiranatakusuma menjelaskan, awal mula pembuatan aplikasi ini berasal dari maraknya permasalahan keuangan seperti keborosan, utang pinjaman online (pinjol), dan terjebak dalam judi online semakin marak di kalangan masyarakat. Tak terkecuali mahasiswa.

“Rendahnya literasi keuangan di Indonesia menjadi faktor utama yang menyebabkan total pinjaman online hingga April 2023 mencapai Rp50,53 triliun. Naik 30,9% dari tahun sebelumnya, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Beri Kontribusi Nyata SDGs dengan Eco Enzyme

Melalui Finmap, pihaknya menyebut tidak hanya memberikan laporan keuangan pengguna. “Tetapi juga menyediakan nasihat jangka pendek dan panjang tentang pengelolaan keuangan yang sehat,” imbuhnya.

Ketua tim, Muhamad Kamil menyebut Finmap tidak hanya mengatur perputaran keuangan tetapi juga menganalisis keuangan pengguna melalui kuadran yang dihasilkan dari analisis ahli ekonomi. “Aplikasi ini kemudian memberikan saran penggunaan keuangan yang bijak sesuai posisi kuadran pengguna,” jelasnya

Selain itu, Finmap juga menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya. Nama Finmap sendiri diambil dari filosofi untuk menempatkan keuangan agar lebih tertata dan mempermudah masyarakat dalam perencanaan keuangan.

Baca juga:  Tinjau Kampung Ngunen-Unen untuk Tingkatkan Status Proklim

“Keunggulan aplikasi kami adalah fitur perhitungan syariah serta infak dan sedekah, yang sangat relevan bagi masyarakat mayoritas Muslim di Indonesia. Fitur ini membantu pengguna merencanakan keuangan untuk kebutuhan jasmani dan rohani,” tuturnya.

Lebih lanjut, Finmap memiliki empat fitur utama, yaitu Profil Keuangan, Perencanaan Keuangan, Analisis Keuangan, dan Catatan Keuangan. Selain itu, ada fitur konsultasi ke tim ahli keuangan yang ter verifikasi Certificate Financial Planner.

“Kami akan menguji coba aplikasi ini pada tanggal 11 Juli kepada masyarakat dan mahasiswa. Kami juga sedang mempersiapkan agar Finmap bisa diunduh juga di App Store, sehingga pengguna iOS bisa menikmati layanan dari aplikasi ini,” pungkasnya. (suf/abd)