Dinbudpar Rembang Rekomendasikan Wisata Ramah Anak

RAMAI: Tampak wisatawan sedang berlibur di Pantai Karang Jahe, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pada momen liburan sekolah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang merekomendasikan sejumlah destinasi wisata prioritas yang berstatus ramah anak. Tempat-tempat tersebut meliputi Pantai Wates, Museum Kartini, dan Karang Jahe.

Kepala Dinbudpar Rembang melalui Kabid Destinasi Catur Setyo Nugroho memastikan fasilitas di destinasi-destinasi ini aman bagi anak-anak. Hal ini menjadi prioritas setelah menanggapi sejumlah kasus yang beredar.

Adapun indikator penunjang ramah anak yang menjadi perhatian utama adalah adanya keamanan dan keselamatan. Seperti adanya petunjuk dan tanda-tanda keselamatan yang jelas. Kemudian, dari fasilitas dan aksesibilitas seperti tersedia area bermain yang aman dan sesuai untuk berbagai usia anak.

Baca juga:  Polres Rembang Antisipasi Ketat Para Pelaku Judi Online

Selanjutnya, program dan aktivitas kegiatan yang mendidik dan menghibur untuk anak-anak. Selain itu, area wisata tersebut dijamin terhindar dari barang-barang tajam dan permainan ekstrem yang bisa membahayakan anak-anak.

“Seperti wahana ATV di Pantai Karangjahe dibatasi penggunaannya berdasarkan usia untuk memastikan keselamatan anak-anak. Wisata Karangjahe juga satu-satunya wisata yang bermitra dengan asuransi jasa Raharja apabila terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Pihaknya telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di Wates guna memastikan standar keamanan dan kenyamanan tersebut terpenuhi. Pihaknya ingin memastikan semua wisata yang direkomendasikan layak dan aman bagi anak-anak. Hal ini adalah prioritas Dinbudpar untuk memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan aman bagi seluruh keluarga.

Baca juga:  Dishub Rembang Rencanakan Pembuatan Marka di Seluruh Kabupaten

“Dengan upaya ini, semoga dapat memberikan pilihan liburan yang tidak hanya menyenangkan. Tetapi juga aman dan mendidik bagi anak-anak selama musim libur sekolah,” paparnya. (cr3/fat)