Kudus  

Jemaah Haji Kudus Dijadwalkan Pulang 12 Juli

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Shony Wardana. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Usai menjalankan serangkaian ibadah haji, jemaah haji asal Kabupaten Kudus mulai bersiap meninggalkan Tanah Suci untuk kembali ke Tanah Air. Sebanyak 1.395 jemaah haji asal Kudus ini dijadwalkan pulang mulai 12 Juli 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Shony Wardana, menerangkan, tahapan yang dilakukan seluruh jamaah haji Kabupaten Kudus sudah rampung. Saat ini, para jemaah tinggal melaksanakan ibadah-ibadah sunah.

“Para jemaah haji ini dijadwalkan pulang pada pertengahan bulan Juli mendatang,” terangnya pada Kamis, (04/07).

Baca juga:  Milad ke 48, RS Aisyiyah Kudus Resmikan Ambulance Siap Gas

Nantinya, lanjut Shony, ada lima kloter rombongan jemaah haji asal Kudus yang akan dipulangkan bebarengan. Jemaah kloter 68 akan sampai di Kabupaten Kudus pada 12 Juli 2024. Dilanjutkan dengan kloter 69, 70 dan 72 yang dijadwalkan tiba di Kudus pada 13 Juli 2024.

“Sesuai jadwal kloter 69 akan tiba di Solo pukul 00.35 WIB, dilanjutkan kloter 70 tiba pukul 10.10 WIB. Dan kloter 71 tiba pukul 13.35 WIB serta kloter 72 tiba di Solo pukul 17.15 WIB,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Shony mengatakan, terdapat ada dua jemaah haji asal Kabupaten Kudus yang pulang terlambat. Jemaah haji pasangan suami istri itu dikabarkan akan ikut kloter 78 pada 15 Juli 2024 nanti.

Baca juga:  H. Masan dan Sam'ani Jalani Fit Proper Tes Bacabup PDIP

“Dari sepasang jemaah ini, salah satunya ada yang sakit. Sehingga harus mundur kepulangan,” katanya.

Awalnya jemaah haji tersebut melakukan pemberangkatan di kloter 72. Lantaran sakit saat melaksanakan ibadah haji, dua jemaah ini memutuskan pulang terlambat.

“Suami mengalami sakit saat sampai di Solo, istrinya pun memutuskan untuk menemani suaminya,” ujarnya.

Shony  mengimbau kepada para jemaah haji yang sudah melakukan ibadah sunah untuk mengatur waktu sesuai jadwal kepulangan. Setidaknya para jemaah haji dapat mengestimasikan waktu sekitar 10 sampai 12 jam di hotel sebelum jadwal kepulangan.

Baca juga:  Jalan Sehat Jadi Puncak Dies Natalis UMK ke 44

“Jemaah haji asal Kudus ikut di gelombang dua dan berakhir di Madinah. Jadi mereka perlu atur waktu minimal 10 jam sudah stay di hotel,” imbuhnya. (cr1)