Pati  

Kades Deklarasi Dukungan, Dispermades hanya Keluarkan Surat Imbauan

ILUSTRASI: Pengukuhan dan penyerahan SK perpanjangan masa jabatan Kades yang digelar di Pendopo Pati, Kamis (4/7/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati telah selesai melakukan penelusuran terkait deklarasi dukungan ratusan kades kepada Sudewo menjadi Bupati Pati dan Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hasil penelusuran Bawaslu Pati tidak ditemukan adanya pelanggaran dalam deklarasi tersebut.

Meskipun demikian, Bawaslu Pati mempersilahkan jika dugaan pelanggaran deklarasi kades tersebut dapat ditindaklanjuti instansi lain. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati yang merupakan atasan kades.

Saat ditanya terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades)  Pati, Tri Hariyama menyampaikan belum bisa menyimpulkan apakah deklarasi dukungan kades itu melanggar atau tidaknya. Namun pihaknya mengaku telah memberikan surat imbauan kepada para kades.

Baca juga:  DPRD Pati Beri Catatan Terhadap Kinerja Pemkab

Surat imbauan tersebut diberikan setelah deklarasi yang menyedot perhatian publik itu. Ia menjelaskan bahwa surat itu berisi imbauan supaya para kades netral saat berlangsungnya kontestasi politik.

“Saya tidak bisa menyatakan melanggar atau tidak. Tapi Dispermades sudah mengeluarkan surat imbauan kepada kepala desa agar netral,” kata dia, Kamis (4/7/24).

Saat disinggung apakah ada sanksi jika surat imbauan tersebut dilanggar, Tri Hariyama menyebut tidak ada. Karena, kata dia, tidak ada aturan mengikat terkait hal tersebut.

“Di Pemerintahan tidak ada yang fokus mengatur tentang itu. Paling imbauan-imbauan itu agar kepala desa bisa menyikapi Pemilu dengan netral. Di dalam surat imbauan tidak ada sanksi. Sanksi tidak dari Pemkab. Hanya sebatas imbauan,” pungkasnya. (lut)