Pati  

Ndablek, 18 Napi Narkoba Dipindahkan

PEMINDAHAN: 18 narapidana kasus narkoba di Lapas kelas IIB Pati dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Purwokerto, Kamis (4/7/24). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sebanyak 18 narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan  (Lapas) kelas IIB Pati dipindahkan. Mereka dipindah ke Lapas Kelas IIA Purwokerto.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIB Pati, Mu’alim mengungkapkan, pemindahan ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi adanya indikasi peredaran narkoba. Sebab para napi itu dianggap bermasalah.

Ia menyebut, selama ditahan di Lapas Kelas IIB Pati mereka tidak pernah mengikuti kegiatan. Para napi itu banyak dikamar dan tidak mengikuti pembinaan di Lapas Kelas IIB Pati.

Baca juga:  Terdakwa Pemalsuan Merek Cardinal Dituntut Hukuman Penjara 2 Tahun 6 Bulan

“Mereka ini ndablek. Tidak pernah ikut kegiatan di LP. Selalu di kamar, serta suka malas-malasan,” ungkapnya, Kamis (4/7/24).

Mu’alim menyampaikan, para napi narkoba yang dipindahkan rata-rata yang masa hukumannya di atas lima tahun.

“Bulan kemarin kita pindahkan enam napi narkoba bermasalah ke Nusakambangan. Hari ini ada 18 orang yang kita pindahkan ke Lapas IIA Purwokerto,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini masih ada 85  napi narkoba yang mendekam di Lapas kelas IIB Pati. Sedangkan sebelumnya ada 394 orang.

“Untuk pemindahan napi narkoba lagi, kita menunggu surat permohonan. Karena memang napi narkoba ini pengawasannya harus lebih ketat, karena jangan sampai ada pengontrolan dan pengendalian di dalam Lapas,” pungkasnya. (lut)