Kudus  

Cabup Jepara Mas Wiwit Kunjungi Karimunjawa, Ini Tujuannya!

Joglo Jateng, Jepara – Calon Bupati Jepara, Witiarso Utomo, bersama keluarga melakukan kunjungan istimewa ke Pulau Karimun Jawa pada hari Sabtu, 6 Juli 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, khususnya dalam melindungi satwa laut yang terancam punah.

Dalam acara yang berlangsung di Pantai Ujung Gelam, Mas Wiwit dan keluarganya turut serta dalam kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Acara ini dihadiri oleh masyarakat setempat, aktivis lingkungan, serta sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa.

Baca juga:  BPPKAD Berlakukan Bebas PBB Hingga Agustus

“Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan pelepasan tukik ini. Ini adalah langkah kecil namun sangat penting untuk memastikan keberlangsungan hidup penyu di perairan kita,” ujar Mas Wiwit dalam sambutannya.

Acara dimulai dengan edukasi singkat mengenai pentingnya menjaga kelestarian penyu yang disampaikan oleh para aktivis lingkungan.

Mereka menjelaskan bahwa tukik yang dilepaskan akan menempuh perjalanan panjang menuju lautan lepas dan hanya sebagian kecil yang akan bertahan hidup hingga dewasa.

Oleh karena itu, setiap tindakan pelestarian sangat berarti.

Setelah itu, Witiarso Utomo beserta keluarga dan relawan lainnya dengan penuh antusiasme melepaskan tukik-tukik ke pasir pantai, menyaksikan dengan haru ketika anak-anak penyu tersebut bergerak menuju ombak dan menghilang ke dalam lautan.

Baca juga:  10 Caleg Terpilih di Kudus Terancam Gagal Dilantik, LHKPN Belum Disampaikan!

Selain kegiatan pelepasan tukik, kunjungan ini juga dimanfaatkan untuk berdialog dengan masyarakat Karimun Jawa mengenai berbagai isu lingkungan dan pariwisata.

Witiarso Utomo menekankan pentingnya pariwisata berkelanjutan yang tidak hanya meningkatkan perekonomian lokal tetapi juga menjaga keindahan alam dan ekosistem yang ada.

“Kita harus menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian alam. Karimun Jawa adalah aset berharga bagi Jepara dan Indonesia. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaganya,” tambahnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendukung upaya pelestarian satwa laut.

Baca juga:  Ribuan Pelajar Kota Kretek Adu Kekuatan di Lomba Atletik

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan Karimun Jawa dapat terus menjadi surga bagi wisatawan dan rumah bagi berbagai spesies laut yang dilindungi.