Dishub Rembang Rencanakan Pembuatan Marka di Seluruh Kabupaten

GARIS: Tampak garis tengah dijalan raya Pantura depan gedung Bupati Rembang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rembang akan mengadakan marka jalan senilai Rp 200 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten. Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahapan perencanaan dan survei lapangan.

Kepala Dishub Rembang, Drupodo menyampaikan, tahapan proyek ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Beberapa titik sudah diidentifikasi melalui survei lapangan dan surat usulan yang masuk.

Dirinya menyampaikan, pengadaan marka jalan ini mencakup pembuatan zebra cross, peta kejut, garis tengah, dan garis parkir di berbagai titik di seluruh Kabupaten Rembang. Kini sedang proses pengadaan barang dan jasa (PBJ).

Baca juga:  78 Mahasiswa IPB KKN Tematik di 10 Desa di Rembang

“Begitu selesai, dan penyedia jasa sudah ditetapkan, pembuatan marka jalan akan segera dilakukan di semua titik yang telah diidentifikasi,” tambahnya.

Identifikasi kebutuhan marka jalan ini tidak hanya berasal dari survei yang dilakukan oleh Dishub. Tetapi juga dari usulan masyarakat yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) maupun proposal langsung yang diajukan ke Dishub Rembang.

“Tahun ini adalah kali pertama kami mendapatkan anggaran untuk pembuatan marka jalan. Tahun lalu, kami belum mendapatkannya. Kami berharap tahun depan dapat kembali memperoleh anggaran untuk melanjutkan program ini,” jelas Drupodo.

Baca juga:  Dintanpan Rembang Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik yang Berkelanjutan

Dengan adanya pengadaan marka jalan ini, ia berharap dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan di seluruh kabupaten, serta merespons kebutuhan masyarakat akan fasilitas jalan yang lebih baik. (cr3/fat)