Hidupkan Lahan Kosong dengan Kebun Sayur

TANAM: Salah satu siswi terlihat tengah mengurus sayur yang ada di lahan kosong sekitar lingkungan MTsN 1 Bantul, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

MTsN 1 Bantul memanfaatkan lahan kosong di lingkungan madrasah dengan menanam berbagai jenis sayuran, sebagai bagian dari program Adiwiyata. Area yang berada di sebelah timur laboratorium itu kini dipenuhi tanaman seperti terong, kacang panjang, cabai dan singkong.

Guru IPS MTsN 1 Bantul Budi Hartono, yang memprakarsai inisiatif ini memiliki hobi bercocok tanam. Pihaknya, mengajak para siswa untuk ikut serta dalam merawat tanaman-tanaman tersebut.

“Setiap hari, beberapa siswa dan guru melakukan perawatan tanaman. Dengan membersihkan rumput dan menyirami tanaman yang sudah tumbuh subur,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  667 Peserta Individu dan 78 Regu Ikuti KSM Kabupaten

Pada panen kali ini, sekitar dua kilogram terong, setengah kilogram kacang panjang dan beberapa ikat bayam berhasil dipanen. Hasil itu ditawarkan kepada guru dan siswa yang berminat membelinya.

“Uang yang diperoleh dari penjualan digunakan untuk membeli bibit dan pupuk. Sehingga harapannya perkebunan ini semakin berkembang ke depannya,” tuturnya.

Pihaknya menyebut, antusiasme anak-anak dalam merawat tanaman sayur yang telah ditanam sangatlah tinggi. Maka memberikan apresiasi kepada siswa yang bersedia datang meski sedang liburan sekolah, serta guru yang telah memprakarsai, membimbing dan mendampingi kegiatan ini.

Baca juga:  PPDB SMP Negeri 2 Jetis Lancar, Jalur Afirmasi dan Prestasi Terpenuhi

“Ini salah satu upaya menyukseskan Adiwiyata di MTsN 1 Bantul. Dengan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung lingkungan yang sehat dan produktif. Serta meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya bercocok tanam dan menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.(suf/sam)