PKB Jateng Targetkan Rekomendasi Bacawalkot dan Bacawawalkot Dirilis Bulan Ini

FOTO BERSAMA: Ketua DPW PKB Jateng, K.H. Muhammad Yusuf Chudlori bersama bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam perayaan kantor baru DPC PKB Kota Semarang di Jalan Majapahit No.101, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Pedurungan belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng, K.H. Muhammad Yusuf Chudlori menargetkan pihaknya akan merilis rekomendasi Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) maupun Bakal Wakil Wali Kota (Bacawawalkot) Semarang pada Juli ini. Hal itu diupayakan agar tahapan selanjutnya bisa segera berjalan, yakni konsolidasi antara partai politik dengan bakal calon yang maju dalam pemilihan wali kota (pilwakot) 2024.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri agenda Tasyakuran Peresmian Kantor baru DPC PKB Kota Semarang di Jalan Majapahit No.101, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Pedurungan. Kegiatan itu dihadiri pula oleh sejumlah bacawalkot maupun bacawawalkot yang resmi mendaftar di DPC PKB.

Antara lain Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Yoyok Sukawi, Juan Rama, Ady Setiawan (Mas Wawan), Tazkiyatul Muthmainnah (Mbak Iin). Kemudian, Ketua DPC PSI Kota Semarang Melly Pangestu dan Ketua Desk Pilkada Gerindra Kota Semarang Joko Susilo.

Baca juga:  DPMPTSP Proyeksikan 25 Persen Industri di Jateng Manfaatkan Energi Terbarukan

“Semoga diakhir bulan ini mungkin sebelumnya kalau bisa. Lebih cepat lebih baik sih kalau kita agar konsolidasi nya segera berjalan,” ucap Gus Yusuf saat ditemui Joglo Jateng, belum lama ini.

Sampai saat ini, kata Gus Yusuf, proses rekomendasi para bakal calon yang telah mendaftar ke PKB sudah sampai di tahap akhir di Dewan Pengurus Pusat (DPP). Dirinya menyebut, sebanyak 13 nama yang bakal direkomendasikan untuk Pilkada Jateng sudah final. Tahapan selanjutnya, yakni menunggu formalitas penyerahan.

“Kita mempunyai 11 daerah yang bisa mengusung calon untuk Pilkada secara mandiri di Jateng. Terus 3 lagi beberapa yang belum penuh tetapi mencalonkan bupati seperti di Cilacap kita punya calon bupati. Meskipun belum bisa maju sendiri, tetapi sudah terpenuhi koalisinya,” ujar dia.

Baca juga:  Unwahas Gelar Kuliah Tamu Bahas Pembangunan Berkelanjutan dan Hukum Bisnis

Sementara itu, Wali Kota Semarang sekaligus Bakal Calon Wali Kota, Hevearita G Rahayu menyampaikan hingga saat ini dirinya memang belum mendapatkan rekomendasi dari PKB. Selain itu, dirinya juga masih menunggu keputusan dari DPP terkait dengan pasangan calon (paslon) yang akan mendampinginya untuk maju Pilwakot 2024.

“Tergantung dari DPP kita hanya sebatas sedang proses di PDI. Kami ngikut aja apa yang menjadi keputusan DPP,” ujarnya.

Di sisi lain, Bacawawalkot sekaligus Kader PKB, Juan Rama mengatakan hal yang sama bahwa dirinya belum mendapatkan rekomendasi dari PKB. Meski begitu, dirinya ditugaskan untuk melakukan pendalaman, baik ke partai politik maupun calon nomor satunya.

Baca juga:  21 Desa di Jateng Alami Kekeringan

“Saya lihat yang hadir malam ini, semua cocok (dijadikan paslon di pilkada, Red.) tinggal chemistry yang paling dekat itu yang mana. Pastinya kita tinggal menunggu instruksi dari DPP saja,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, adapun visi misi yang telah ia siapkan untuk maju menjadi Wakil Walikota Semarang periode 2024-2029, salah satunya menyejahterakan masyarakat. Tujuan tersebut nantinya akan disinkronkan dengan program dari bakal calon wali kota yang akan maju bersamanya. (int/adf)