PPDB Yogyakarta Terisi 95 Persen, Siswa Masih Bisa Mendaftar

TUNTUT ILMU: Guru saat memberikan pembelajaran bagi siswinya di SDN Giwangan, beberapa waktu lalu. (DOK.PRIBADI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta mencatat hingga Kamis (4/7) akhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam real time online (RTO) terdapat 95 persen kuota yang terpenuhi. Meski begitu, siswa yang belum mendapatkan sekolah masih bisa mendaftar, jika kuota yang dituju masih terpenuhi.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdikpora Kota Yogyakarta Mujino mengungkapkan, meskipun PPDB sudah ditutup, siswa yang belum mendapatkan sekolah masih bisa melakukan pendaftaran ke sekolah yang kuotanya belum terpenuhi. Dari 35 sekolah negeri yang terdaftar RTO terdapat 2.044 kuota, namun hanya 1.949 siswa yang mendaftar, ada 22 peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang dan dianggap gagal.

Baca juga:  Tinjau Kampung Ngunen-Unen untuk Tingkatkan Status Proklim

“Jika, ada siswa sekitar yang belum mendapatkan sekolah masih bisa dilakukan pendaftaran langsung ke yang kuotanya belum terpenuhi. Dalam PPDB jenjang SD hanya dapat memilih dua sekolah yang dituju, dimungkinkan siswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang itu, karena tidak lolos pilihan pertama dan merasa sekolah pilihannya jauh, sehingga tidak mengambil,” jelasnya, Senin (8/7/24).

Lebih lanjut, penerimaan PPDB ditingkat SD sejauh ini masih ada lima persen kuotanya belum terpenuhi semua. Hal itu dikarenakan jumlah penduduk di Kota Yogyakarta yang akan masuk SD terus berkurang.

Baca juga:  Tingkatkan Perekonomian lewat Pelatihan Ekspor

“Tidak hanya sekolah negeri saja yang mengalami penurunan siswa, swasta juga sama. Sejalannya waktu akan ada mutasi pegawai yang masuk ke Kota Yogyakarta, yang menyebabkan terpenuhinya kuota siswa, sehingga kita ikuti saja,” pungkasnya.(riz/sam)