Tim KSM MTsN 1 Pati Melenggang ke Tingkat Provinsi

SOLID: Foto bersama para siswa yang tergabung dalam KSM MTsN 1 Pati, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sebanyak 6 siswa yang tergabung dalam tim Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2024 tingkat kabupaten Pati lolos ke KSM tingkat Provinsi. Mereka adalah Faiz Rizqi Andhika (Matematika terpadu), Talita Anindya Norine (IPA terpadu), Diah Lurus Danar Ayuk (IPS terpadu), sedangkan 3 siswa, Rizka Yulia Adita, Rossa Fath Axzulfiani, M Abdul Fattah mereka tergabung dalam bidang Sosial Sains Terpadu.

Mendengar hasil pengumuman tersebut, Kepala MTsN 1 Pati, Ali musyafak merasa sangat bersyukur dan bahagia. Pasalnya usaha keras dan sungguh- sungguh para siswa dan pembimbingnya membuahkan hasil yang maksimal.

“Syukur alhamdulillah. Berkat rahmat Allah dan doa tulus dari para pencinta MTsN 1 Pati serta usaha keras dari para siswa dianugerahi Allah, akhirnya mereka semua berhasil lolos ke babak berikutnya,” tuturnya.

Baca juga:  SMPN 1 Imogiri Gelar Karya P5 Asah Kemampuan Wirausaha & Kreativitas

Syafak menambahkan, Istikomah disertai kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengembangkan potensi siswa. “Melalui pembimbingan yang istikomah dan disertai kesabaran, pasti Allah akan memberikan yang terbaik, untuk itu jangan lupakan proses yang baik disertai dengan kejujuran, karena kejujuran itu prestasi tertinggi dalam berkompetisi,” terangnya.

Syafak juga mengucapkan terima kasih kepada para pejuang prestasi MTsN 1 Pati, baik guru, siswa, orang tua dan seluruh pencinta madrasah. Tanpa perjuangan dan pengorbanan mereka, prestasi ini tak mungkin diraih.

Ketua Tim Pengembang Keunggulan MTsN 1 Pati, Tomy Ardiansyah mengungkapkan, pelaksanaan KSM tahun 2024 ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Sebab diatur kaitan jumlah perwakilan sekolah.

Baca juga:  SDN Mojosimo Gajah Dikenalkan Profesi Militer

“Tahun ini setiap madrasah hanya bisa mengajukan perwakilan satu anak setiap mapelnya, dan satu tim gabungan yang terdiri dari 3 anak sebagai tim sosial sains terpadu,” jelasnya.

Meskipun begitu, lanjut dia, berkat proses dan seleksi yang ketat di tingkat madrasah, akhirnya bisa ke tingkat kabupaten dan lolos ke tingkat provinsi. Tak lupa ia juga menguraikan hasil KSM dari MTsN 1 Pati.

“Untuk mapel IPS terpadu menempati peringkat 1, Matematika terpadu peringkat 2, IPA terpadu peringkat 6, adapun Sosial Sains terpadu menempati peringkat 1 dan semuanya berhak maju ke tingkat provinsi, karena berdasarkan juknis, sebanyak 5% dari peserta kabupaten berhak maju ke tingkat provinsi,” paparnya.

Baca juga:  SD 2 Burikan Persiapkan MPLS untuk Peserta Didik Baru

Menyinggung persiapan ke tingkat provinsi, Tomy tetap berharap dukungan dari semua pihak. Terutama yakni pihak madrasah dan komite kabupaten.

“Kami berharap duta duta KSM kab Pati bisa mempertahankan prestasinya di tingkat provinsi, sehingga dapat masuk ke tingkat nasional. Pembinaan, pembimbingan, dan pendampingan intensif sangat diperlukan untuk sukses berikutnya. Semoga anak- anak MTsN 1 Pati tetap dalam rahmat Allah dan diberikan hasil yang terbaik,” tutupnya. (lut)