Jepara  

Dukung Event Festival Lampion, Pj Bupati Minta IPI Persiapkan secara Matang

DIALOG: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menerima IPI Jateng dalam audiensi Event Festival Lampion di Ruangan Commend Center Setda Jepara, Rabu (10/7/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta terima audiensi dari Insan Pariwisata Indonesia (IPI) yang akan menggelar event Festival Lampion di Pantai Bandengan pada 10 Agustus 2024 mendatang. Audiensi berlangsung di Ruang Command Center Setda Jepara, Rabu (10/7/2024).

Festival tersebut nantinya menjadi ajang bagi seni dan budaya dengan menerbangkan sebanyak 1000 lampion dan menciptakan pemandangan yang spektakuler. Selain itu, akan ada pertunjukan teatrikal Ratu Kalinyamat, atraksi api, musik, UMKM dan kuliner khas daerah yang akan menambah keseruan festival. Rencana acara, dimulai pukul 16.00 WIB sampai malam. Pengunjung juga dapat menikmati matahari yang terbenam.

Baca juga:  KPU Jepara Adakan Simulasi Pemadam Kebakaran

Dalam kesempatan ini Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta merespon positif rencana festival tersebut. Edy menyatakan bahwa Festival lampion ini merupakan event hebat yang berdampak positif pada sektor pelaku UMKM serta mempromosikan seni dan budaya khas Jepara.

Menurut Edy, sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Jepara mendukung rencana Festival Lampion yang merupakan event pertama di Jepara. Ia juga mengingatkan agar event ini dipersiapkan sematang mungkin agar sukses dan menjadi event tahunan.

“Artinya rencana harus dipersiapkan secara matang, baik secara teknis, pembiayaan maupun dari segi keamanan, yang jelas kami dari Pemkab Jepara mendukung rencana festival lampion ini,” ungkap Edy.

Baca juga:  Pemkab Jepara Berharap Prestasi Cabor Woodball Meningkat

Sementara itu, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jawa Tengah, Wori mengapresiasi dukungan Pemkab Jepara terhadap event lampion ini. Dukungan tersebut, kata Wori, tentunya akan menambah semangat panitia dalam menjalani proses sampai selesai nanti.

“Alhamdulillah Pemkab Jepara mendukung event ini, kegiatan ini yang pertama dan semoga lancar,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk peserta yang akan menerbangkan lampion pada rangkaian acara akan diberikan tanda khusus berupa gelang yang dipakai di tangan dan ID Card. “Untuk menandai peserta itu dibuat ID-Card dan gelang. Nantinya masuknya peserta lampion dibuat lewat gate depan,” tutupnya. (cr4/gih)