Kudus  

Ribuan Pelajar Kota Kretek Adu Kekuatan di Lomba Atletik

KETANGKASAN: Tampak pelajar SD dan MI sedang adu kekuatan lari di lapangan, Rabu (10/7/2024). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 1092 siswa-siswi yang berasal dari 72 Madrasah Ibadiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) ambil bagian dalam perlombaan Athletics Challenge 2024. Kegiatan tersebut dimulai sejak Selasa 9 Juli hingga Kamis 11 Juli 2024 selama tiga hari yang diadakan di Lapangan Supersoccer Arena, Desa Rendeng.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PASI Kabupaten Kudus, Noor Akhmad mengatakan, penyelenggaraan MilkLife Athletics Challenge ini juga dimaksudkan sebagai ajang pencarian bibit-bibit berbakat. Kelak, mereka bisa meneruskan tongkat kejayaan olahraga bagi Kota Kudus khususnya di nomor-nomor atletik.

Mengintip data prestasi tahun lalu, atletik berhasil menyumbangkan dua medali emas, satu perak dan satu perunggu bagi kontingen Kudus saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di level usia dini. Kudus juga sukses meraih satu medali emas dan satu perunggu pada perhelatan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Atletik Tingkat SD-SMP se Jawa Tengah.

Baca juga:  PEKA Muria Genap Setahun Jaga Ekosistem Biodiversity Hutan

“Prestasi-prestasi yang sudah diraih ini harus dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya dengan jemput bola mencari bibit-bibit berbakat yang antara lain melalui penyelenggaraan tersebut. Kami juga mengadakan talent scouting, sehingga nanti peserta yang berbakat akan kami arahkan masuk ke klub-klub atletik yang ada di Kudus,” ujarnya.

Demi mewujudkan tujuan tersebut, penyelenggara terlebih dahulu mengadakan coaching clinic bagi para guru olahraga SD dan MI di Kudus pada Oktober 2023 lalu. Dalam coaching clinic tersebut dipaparkan materi tentang olahraga atletik yang tepat bagi pelajar SD dan MI. Sesudahnya, para pendidik kembali ke sekolah dan membuat skuad yang akan berlaga di MilkLife Athletics Challenge

Baca juga:  Satu Jemaah Haji asal Kudus Tutup Usia

Tidak hanya di level pelajar sekolah dasar, kompetisi tersebut juga berupaya menumbuhkan kecintaan berolahraga bagi anak yang bernaung di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Mereka bermain di dua games yakni lari 30 meter dan permainan lempar bola berekor.

“Kami berharap beragam nomor yang diperlombakan ini bisa membuat pelajar semakin mengenal dan mencintai olahraga atletik. Dan tidak hanya di MilkLife Athletics Challenge saja, semoga semangat berolahraga terus tumbuh di hati tiap-tiap peserta,” tandasnya.

Dukungan terhadap kegiatan yang menumbuhkan kecintaan berolahraga ini juga diberikan oleh MilkLife. Selaras dengan visi mereka yakni menyehatkan anak Indonesia, Direktur Marketing Global Dairi Alami sebagai produsen susu MilkLife, Soegiono berharap kegiatan itu dapat memompa semangat pelajar di Kudus untuk giat berolahraga yang didukung dengan asupan nutrisi yang baik.

Baca juga:  Pencari Loker Pilah-pilih Sebabkan Pengangguran Bertambah

“Dukungan ini sejalan dengan komitmen kami untuk menyehatkan anak-anak Indonesia melalui produk yang kami hadirkan, dan juga berkontribusi positif bagi warga Kudus dalam memasyarakatkan olahraga. Kami berharap bahwa dukungan kami bisa melahirkan generasi Indonesia yang sehat dan juga berprestasi,” pungkasnya. (adm)