Jepara  

Bawaslu Jepara Ajak Aparatur Pemerintah dan Satlinmas Menjaga Netralitas dan Bangun Sinergisitas

Acara sosialisasi bagi aparatur dan satlinmas dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada Tahun 2024. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG).

JEPARA, Joglo Jateng – Untuk menciptakan pemilu maupun pemilihan yang aman, damai, berintegritas dan bermartabat dibutuhkan peran dan partisipasi aktif oleh semua pihak, tak terkecuali peran linmas dan kepala desa.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko saat penyampaian materi menakar kerawanan pengawasan pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Jepara.

Sujiantoko menjadi narasumber bersama dengan Kapolres Jepara yang diwakili oleh Kabagops Sutono dalam acara sosialisasi bagi aparatur dan satlinmas dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Satpol PP Kabupaten Rabu, (10/7) di Aula OPD bersama Pemda Jepara.

Baca juga:  Kasus Bank Jepara Artha, DPRD Gunakan Hak Interpelasi dan Bentuk Pansus

Dalam kesempatan tersebut, Sujiantoko menegaskan bahwa suksesnya pemilihan di wilayah kabupaten Jepara merupakan tanggungjawab bersama.

“Sukses tidaknya pemilihan di Jepara merupakan tanggungjawab kita bersama, untuk itu kita perlu bersama-sama mengawal dan ikut serta mengawasi seluruh tahapan pilkada yang ada di Jepara ini” tegasnya.

Sementara itu, ia juga menyampaikan bahwa terdapat kerawanan yang harus diantisipasi disetiap tahapan pilkada.

Adapun kerawanan tersebut diantaranya netralitas aparatur pemerintah, penyalahgunaan kekuasaan, politik uang serta pelanggaran administrasi prosedur.

Sebagai pengawas pemilu ia mengajak kepada seluruh peserta kegiatan untuk menjaga netralitas, membangun sinergisitas antar elemen terkait, melakukan pemantauan pelaksanaan tahapan pilkada dan merangkul seluruh tokoh masyarakat dan agama dalam menjaga dan memelihara kondusifitas wilayah.

Baca juga:  Dukung UMKM Menuju Ekspor, Bea Cukai Kudus Bekali Pengetahuan Para Pelaku UMKM

“Mari kita bersama menjaga netralitas, kondusifitas dan tidak berpihak kepada salah satu partai politik atau pasangan calon agar demokrasi kita ini berkualitas dan berintegritas” ajak Ketua Bawaslu Jepara dihadapan peserta kegiatan. (*).