Unnes Sediakan Kuota 11.300 Mahasiswa Baru

NAMPAK DEPAN: Kampus Unnes. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini menyediakan kuota penerimaan calon mahasiswa baru sebanyak 11.300 kursi. Jumlah itu tersebar di 9 fakultas dan 74 program studi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes Prof Zaenuri menyampaikan bahwa Unnes membuka penerimaan mahasiswa baru dari tiga jalur seleksi. Antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) minimal 20 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) minimal 30 persen. Kemudian Seleksi Mandiri (SM) Unnes maksimal 50 persen.

Penetapan kuota masing-masing jalur itu, kata dia, telah diatur dalam Surat Keputusan Rektor Nomor B692/UN37/HK/02/2023. Peraturan tersebut menyesuaikan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan, MTsN 9 Sleman Targetkan Satu Siswa Satu Prestasi

Di antara 74 prodi D3 dan S1 yang dimiliki, ungkap Zaenuri, Prodi Ilmu Hukum memiliki kuota paling besar yaitu 925 kursi. Disusul Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 575 kursi, Manajemen dan Akuntasi masing-masing 450 kursi, dan Ekonomi Pembangunan sebanyak 300 kursi.

“Unnes mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru Tanah Air untuk mendaftar,” katanya, belum lama ini.

Ia menjelaskan bahwa Unnes menawarkan pendidikan berkualitas, dibuktikan dengan diraihnya akreditasi institusi unggul. Mayoritas program studi telah terakreditasi unggul dan A, dan akreditasi internasional untuk sejumlah program studi lain.

Baca juga:  Lulusan MTsN 9 Bantul Diharap Jadi Generasi Berlian

“Kami mengimbau kepada adik-adik yang akan mendaftar ke Unnes untuk selalu mengikuti informasi resmi. Selain laman SNPMB, informasi penerimaan Unnes selalu disampaikan melalui website resmi dan media sosial resmi Unnes,” katanya.

Sebagai informasi, kata dia, tahap seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah dimulai pada 28 Desember 2023 dengan diumumkannya kuota sekolah. Selanjutnya, pada 9 Januari hingga 9 Februari 2024 adalah masa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftaran SNBP oleh siswa akan dibuka pada 14 hingga 28 Februari 2024. Sedangkan pendaftaran SNBT 2024 dijadwalkan dibuka pada 21 Maret hingga 5 April 2024.

Baca juga:  SD Muhammadiyah Pandes Terima Kunjungan Ahli Matematika Internasional

Untuk tes SNBT akan dilaksanakan dalam dua gelombang yang dijadwalkan pada bulan April hingga Mei 2024. Adapun untuk SM Unnes, kata Zaenuri, diperkirakan akan mulai dibuka pada Mei 2024 melalui berbagai jalur.

Berdasarkan pengalaman tahun 2023, SM Unnes dilakukan melalui SM prestasi, SM nilai UTBK, SM rapor. Kemudian SM reguler berbasis tes, SM kelas internasional, dan SM PGSD Unggulan. (ara/mg4)