Lima Sekolah di Bantul Miliki Kelas Khusus Olahraga, Ini Daftarnya

Lomba voli: terlihat pelajar Bantul sedang bertanding bola voli saat gelaran Popkab, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Untuk mendukung minat bakat dan prestasi olahraga, setidaknya ada lima sekolah yang memiliki sistem Kelas Khusus Olahraga (KKO). Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul menyebut, sekolah semacam ini sangat berpotensi menumbuhkan prestasi pelajaran Bantul.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Andus Sarwana menyampaikan, pihaknya sangat mendukung sekolah-sekolah yang menyediakan kelas khusus bagi minat dan bakat siswa dan siswi. Bahkan dia mengatakan, sudah ada setidaknya lima sekolah yang memfasilitasi hal ini.

Selamat Idulfitri 2024

“Di Bantul itu sudah ada beberapa sekolah yang memiliki sistem KKO. Ada lima SMP yakni SMPN 1 Sewon, SMPN 2 Sewon, SMPN 1 Kretek, SMPN 2 Kretek, dan SMPN 1 Pleret,” ungkapnya.

Baca juga:  Dispar Bantul Rencanakan Pemindahan TPR Pansela, Paling Cepat 2025

Menurutnya, di lima SMP itu memang menyediakan kelas untuk kegiatan olahraga. Bahkan, dari mulai rekrut calon siswa baru, sekolah memang punya mekanisme khusus untuk menyeleksi siswa-siswi yang punya keterampilan olahraga tertentu.

“Jadi, di lima sekolah ini mulai dari rekrutmennya sudah ada seleksi khusus olahraganya. Yaitu tes keterampilan olahraga apa yang dimiliki calon siswa, di samping tes pengetahuan umum,” terangnya.

Pihaknya menambah, keberadaan sekolah semacam ini sangat berpengaruh dalam menyumbang raihan prestasi dalam ajang perlombaan tertentu, salah satunya seperti Popda. Bahkan, dalam perlombaan tingkat kabupaten, sekolah-sekolah tersebut memang cukup mendominasi meraih medali.

Baca juga:  Liburan Lebaran Padat, Volume Kendaraan di Yogyakarta Melonjak 23%!

“Biasanya dalam ajang perlombaan tingkat kabupaten yaitu Popkab, sekolah-sekolah ini memang sangat menonjol. Begitu pula saat ajang perlombaan tingkat daerah atau Popda,” pungkasnya. (nik/abd)