Dorong Peningkatan UMKM, Kemenag Pemalang Targetkan 3.000 Sertifikasi Halal

Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Garazawa) Umayah
Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Garazawa) Umayah. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menuju pemerataan sertifikasi halal seluruh UMKM, Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Pemalang menargetkan 3.000 sertifikasi halal produk makanan dan minuman gratis. Selain memastikan keamanan dan kelayakan pangan, ini bertujuan agar para pelaku usaha dapat lebih baik dengan label halal di produk mereka.

Kepala Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Garazawa) Kemenag Pemalang Umayah menuturkan, pentingnya sertifikasi halal bagi produk pelaku UMKM ini, karena keinginan pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai negara nomor satu produk halalnya. Maka, pihaknya terus mendorong para pelaku usaha khususnya untuk mendapatkan sertifikasi.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita terus mendorong seluruh pelaku UMKM di Pemalang agar mendapatkan label halal di setiap produk mereka. Terutama untuk keamanan dan kelayakan pangan,” ujarnya.

Baca juga:  Festival Kupat 2024: 30 Ribu Ketupat dan Hiburan Meriah Ramaikan Pantai Widuri Pemalang!

Adapun tata cara mendapatkan sertifikasi, para pelaku UMKM terlebih dahulu wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bukti usaha mereka terdaftar. Kemudian, beberapa syaratnya yaitu kartu identitas/KTP dan penyelia (orang yang mengerti hukum agama), uraian komposisi produk, proses produksi dan foto produk.

Kemudian, semuanya diberikan kepada petugas pendamping halal Kemenag untuk di unggah ke dalam sistem aplikasi Si Halal. Jika telah terverifikasi maka otomatis akan mendapatkan sertifikasi halal dari Penyelenggara Jaminan Produk Halal (PJPH) dengan fatwa MUI.

Lebih lanjut, selama 2023 lalu telah menerima 7.000 lebih permintaan sertifikasi halal dari Si Halal. Hampir keseluruhan pelaku UMKM di Pemalang memahami pentingnya label halal di produk mereka, selain keamanan, kelayakan produk, hal ini berpengaruh untuk perluasan jangkauan pasar terutama ke retail-retail modern.

Baca juga:  900 Karyawan PT CTG Kembali Bekerja dan Terima Gaji Tertunda

“Prosesnya mudah dan pastinya gratis khusus produk makanan dan minuman yang berbahan dasar diluar daging unggas dan ternak. Sebab hukum penyembelihan harus dilakukan oleh petugas penyembelih terverifikasi. Mudah-mudahan ke depan seluruh UMKM bisa lebih maju dan terberdaya,” pungkasnya.(fan/sam)