Batang  

Wisatawan Melonjak, PAD Batang Ditargetkan Capai Rp 3,7 Miliar

BERKUNJUNG: Tampak pengunjung tengah berfoto di salah satu objek wisata di Batang. (HUMAS/JOGLO JATENG)

BATANG, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 3,7 miliar. Lantaran meyakini Lebaran 2024 menjadi liburan terpadat, dibuktikan jumlah wisatawan melonjak hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun di 2023 jumlahnya hanya mencapai Rp 3,1 miliar dari target yang ditentukan sebesar Rp 3,5 miliar. Hal itu disebabkan faktor cuaca ekstrem yang mengakibatkan PAD tidak sesuai target.

Kabid Destinasi Disparpora Batang Siswanto menyampaikan, kepadatan pengunjung mulai terlihat sejak H+2 Lebaran. Baik di destinasi wisata pantai maupun pegunungan.

Baca juga:  Pj Bupati Batang Terima Rekomendasi LKPJ 2023

“Tahun lalu di Pantai Sigandu dan Forest Coffee cuma 1.500 pengunjung. Tapi di puncak libur Lebaran bisa mencapai 2-3 ribu lebih pengunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Pemasaran SBJ Verdy mengakui, lonjakan wisatawan terjadi sejak H+1 hingga H+2, yang menyentuh angka 1-2 ribu pengunjung. Hal ini termasuk luar biasa, karena minat pengunjung terus meningkat hingga H+7.

“H+1 pengunjung kami seribu orang. Kemudian terus meningkat sampai 2.300 orang dan diperkirakan mencapai 4 ribu di puncak libur Lebaran antara Sabtu-Minggu,” jelasnya.

Sedangkan, untuk menarik minat pengunjung, beberapa destinasi terus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. “Yang baru, kami menyiapkan resto di tepi pantai, yakni Blue Resto. Dengan menu spesial seafood sebagai andalan,” ungkapnya.(hms/sam)