Baznas Rembang Salurkan 20 Kambing di Kecamatan Sumber

SERAHKAN: Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory menyerahkan bantuan kambing kepada kelompok ternak di Desa Logede, Kecamatan Sumber, Selasa (28/5/2024). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang menyalurkan 20 ekor kambing betina di Desa Logede, Kecamatan Sumber Selasa (28/5). Bantuan kambing ini sudah memasuki tahun kedua.

Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory mengatakan, penyaluran kambing sebanyak 20 ekor untuk para mustahik telah diterima dengan baik. Uang zakat harus dialokasikan ke mustahik, salah satunya fakir miskin. Mereka mendapatkan kambing karena mereka termasuk kategori yang berhak menerima sehingga dipilih.

“Kambing yang tersalurkan semua betina. 1 kambing dipatok harga Rp 2,5 juta. Total semua kambing Rp 50 juta,” tuturnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Samsat Rembang Terapkan Keringanan Pajak

Berawal dari usulan Pemerintah Desa (Pemdes), lanjut dia, pihaknya langsung memverifikasi data. Kemudian mempertimbangkan apakah lokasi yang mengajukan termasuk kemiskinan ekstrem atau lokasi tersebut mempunyai potensi yang bisa untuk pengembangan kambing.

“Selanjutnya, sumber daya pakan lokasi itu memungkinkan apa tidak, kesanggupan calon penerima, keinginan warga setempat mendukung apa tidak, dan sebagainya. Lalu dijadikan rujukan supaya baznas bisa memberikan bantuan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, tujuan memberikan kail kepada fakir miskin ini supaya kedepan hidupnya lebih sejahtera dari hasil peternakan kambing itu. Disisi lain, mimpi Baznas juga untuk meningkatkan populasi kambing di Kabupaten Rembang supaya lebih baik dan lebih banyak lagi.

Baca juga:  SMA N 2 Rembang Jadi Pilot Project Sekolah Penggerak

“Semoga di kelola dengan baik sehingga pada jangka panjang bisa meningkatkan kesejahteraan Mustahik,” pungkasnya. (cr3/fat)