Jelang Iduladha, Kemenag Pemalang Gelar Pelatihan Penyembelihan

PRAKTEK: Para juru sembelih saat menyaksikan tata cara penyembelihan dari instruktur profesional pada pelatihan di 2023. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pemalang akan menggelar pelatihan cara penyembelihan sesuai dengan syariat hukum Islam. Pelatihan ini khusus untuk para petugas penyembelihan yang nantinya akan mendapatkan sertifikasi dari MUI serta Kemenag, sebagai juru penyembelih bersertifikat halal.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Zakat dan Wakaf Kemenag Pemalang Umayah Hata menuturkan, pelatihan kompetensi para juru sembelih di lingkungannya sangat perlu dilaksanakan. Melihat beberapa pekan ke depan umat Islam akan menyelenggarakan ibadah qurban, dengan tujuan meningkatkan keamanan dan kelayakan hewan yang disembelih sesuai syariat.

Baca juga:  Satpol PP Pemalang Bentuk Satlakar untuk Cegah Kebakaran

“Pastinya kami ingin hewan qurban di Pemalang disembelih dengan baik dan benar sesuai hukum syariat Islam. Sehingga pelatihan ini kami selenggarakan kembali di 2024,” tuturnya, Rabu (5/6/24).

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya akan mengundang MUI serta pelatih bersertifikasi untuk memberikan arahan dan ilmu kepada para peserta bagaimana tata cara penyembelihan. Sebab menyembelih hewan qurban mempunyai teknik tersendiri yang tidak boleh salah, agar hewan tidak tersiksa saat proses berlangsung.

Lebih lanjut, pihaknya berharap pelaksanaan pelatihan penyembelihan ini bisa disambut baik oleh masyarakat. Di mana mereka harus benar-benar memilih juru sembelih yang mempunyai sertifikasi. Karena jika dilakukan dengan yang tidak benar akan mempengaruhi kualitas daging nantinya.

Baca juga:  Sidang Paripurna, Seluruh Fraksi Soroti Peredaran Narkoba di Pemalang

“Ya harapannya para petugas belum mempunyai sertifikasi bisa mendaftarkan diri ke Kemenag, khususnya mereka yang berada di desa. Jadi daging qurban nanti bisa berkualitas baik dan halal pastinya,” pungkasnya.(fan/sam)