Wisata Sawah Banda Asri, Tawarkan Tempat Instagramable dan Pemandangan Gunung Slamet

PENASARAN: Anak-anak mau mencoba terapi ikan di wisata sawah Banda Asri, belum lama ini. (DICKRI TIFANI BADI/ JOGLO JATENG)

SALAH satu tempat wisata yang lagi hits di Kota Satria, Puwokerto adalah wisata sawah Banda Asri. Lokasinya tidak jauh dari Lokawisata Baturraden. Wisata yang teretak di Dusun Limpakuwus, Sumbang, Banyumas itu menawarkan konsep wisata persawahan dengan spot selfie menarik, serta pemandangan Gunung Slamet.

Hal yang harus diperhatikan pengunjung yaitu, tidak disarankan untuk membawa mobil pribadi jika datang ke wisata sawah Banda Asri. Pasalnya, akses menuju tempat ini sangatlah sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Selamat Idulfitri 2024

Namun saat kali pertama masuk wisata itu, pengunjung ditarik tiket masuk 3 ribu per orang. Sedangkan karcis parkir, yakni motor hanya merogoh kocek 2 ribu, dan mobil 5 ribu. Menariknya, setelah sudah membayar di pintu gerbang wisata sawah Banda Asri, pengunjung disajikan berbagai gazebo berkonsep ala atap rumbia.

SPOT: Wisata sawah Banda Asri memiliki miniatur menara Eiffel untuk swa foto para pengunjung.

Di setiap gazebo, warga sekitar memanfaatkanya untuk membuka warung cemilan untuk para wisatawan yang datang. Dari beberapa gazebo, ada pemandangan Menara Eiffel terbuat dari bambu. Itulah yang menjadi spot instagramable di wisata sawah Banda Asri. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati kolam terapi ikan yang disediakan di sekitar itu.

Suci (25) selaku pedagang sekaligus penjaga Menara Eiffel di lokasi wisata mengatakan, wisata ini terbentuk dari kelompok petani pada November 2021 lalu.

“Awalnya dari kelompok petani, pas bulan 11 tahun kemarin. Tujuannya untuk bisa memperkenalkan potensi desa dan meningkatkan perekonomian lewat pariwisata,” ujarnya, belum lama ini.

Saat disinggung apakah kedepannya ada perkembangan wisatanya, ia mengatakan, rencananya bakal ada kolam renang yang akan dikelola oleh pihak desa.”Katanya, Pak Lurah mau ada kolam renang,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Kurniawan asal Kabupaten Kendal yang rela berlibur bersama keluarganya di wisata sawah itu mengatakan, dirinya merasa senang lantaran bisa memberikan edukasi kepada keluarganya terkait ciri khas dari negara Paris, yakni menara Eiffel.

“Gokil ya mas, Paris bisa dibawa ke Purwokerto. Meskipun kecil menyerupai asli. Ini cocok sekali buat selfi bersama istri tercinta,” ucapnya didampingi sang pujaan hati. (dik/gih)