Tim ECRC UMS Pamerkan Mobil Listrik

MOBIL LISTRIK: General Manager ECRC UMS Fauzan Annas Wirawan saat menunjukkan dua mob listrik buatan timnya di De Tjolomadoe, Karanganyar, beberapa waktu lalu. (SYAMSUL HADI/JOGLO JATENG)

SURAKARTA, Joglo Jateng – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memamerkan dua mobil listrik buatan tim Electric Car Research Center (ECRC) UMS. Kendaraan tersebut merupakan prototipe dan urban dalam Muhammadiyah Innovation Technology Expo (MITE) 2022, di De Tjolomadoe, Karanganyar.

General Manager ECRC UMS Fauzan Annas Wirawan mengatakan, tujuan memamerkan inovasi tersebut adalah untuk mempublikasikan, jika di UMS mempunyai tim riset mobil listrik. Yang mana bisa berprestasi di ajang tingkat nasional maupun internasional.

Selamat Idulfitri 2024

“Harapannya di kami bisa terus menunjukkan kepada masyarakat, jika Fakultas Teknik UMS mampu menciptakan karya bagus. Sekaligus, bisa untuk teknologi masa depan yang dibutuhkan masyarakat,” ucapnya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Divisi Non Teknis ECRC UMS Eva Nur Sifa menjelaskan, dua mobil listrik tersebut merupakan buatan kerja sama dari Fakultas Teknik dan Lembaga Riset dan Inovasi UMS. Dengan menciptakan prototipe dan urban.

“Untuk yang prototipe kemarin sempat mengikuti perlombaan di Mandalika. Akan tetapi tidak lolos, dan kami jadikan sebagai pembelajaran kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, perbedaan kedua mobil listrik tersebut, yakni urban mengenakan empat roda dan menggunakan baterai Li Ion. Sedangkan, untuk prototipe hanya mengenakan tiga roda dan mempunyai bodi yang lebih ramping.

“Selain memperkenalkan kepada masyarakat akan inovasi dari tim kami, ini juga bertujuan untuk menarik SDM. Sekaligus, dengan adanya inovasi dari kami ini kemungkinan bisa memotivasi yang lainnya,” pungkasnya. (sam/mg4)