Bawaslu Pemalang Awasi Distribusi Logistik

TILIK: Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi saat mengawasi pelaksanaan distribusi logistik, Senin (1/1/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Bawaslu Pemalang akan mengawasi seluruh distribusi logistik dari kedatangan, perakitan, hingga penyaluran ke tiap tempat pemungutan suara (TPS) dan pengembaliannya pada pelaksanaan pemungutan suara pada Pemlilu 2024. Oleh karena itu, Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang berpesan agar KPU Pemalang sebagai penyelenggara agar melaksanakan tugas sesuai prinsip-prinsip distribusi logistik yaitu 6T atau tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran, serta tepat biaya.

Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi menuturkan, pada setiap distribusi logistik dari awal kedatangan, Bawaslu Pemalang selalu menilik langsung seluruh pelaksanaannya. Hal ini menjadi salah satu tugas Bawaslu yang merupakan garda terdepan pengawasan Pemilu 2024.

Baca juga:  555 Rumah di Ulujami Terendam Banjir Kali Comal

“Pasti kami akan awasi seluruh pelaksanaannya. Kemarin dari awal kedatangan alat tulis, lem, dan tinta hingga surat suara kami pantau. Jadi jangan khawatir adanya kecurangan, karena kita standby 24 jam untuk mengawasinya,” ujarnya.

Salah satunya pada saat kedatangan surat suara DPR RI dan Presiden pada pekan terakhir 2023 lalu. Pihaknya mendatangi langsung gudang penyimpanan surat suara di Jalan Kolonel Sugiono, Desa Beji, Kecamatan Taman. Terdapat kurang lebih dua juta surat suara yang datang dari KPU RI dan diserahkan langsung ke KPU Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Usulkan Ulang Kebutuhan Pupuk

Lebih lanjut, ia mengingatkan KPU Pemalang harus memegang teguh prinsip-prinsip distribusi logistik yaitu 6T. Hal ini agar tidak ada kekeliruan, kecurangan, atau tindakan lain yang berdampak pada kelancaran pelaksanaan Pemilu di 14 Februari 2024.

“Tadi masing-masing surat suara ada 1.266.349. Jadi jumlahnya dua juta lebih surat suara yang datang. Ke depan akan terus kita awasi pelaksanaan kegiatan KPU karena ini tugas kita, dan untuk masyarakat mari bersama awasi pemilu agar berjalan sukses dan aman,” pungkasnya. (fan/abd)