Delegasi Universitas Alma Ata Yogyakarta Kunjungi UteM Malaysia, Ini yang Dibahas

SINERGI: Delegasi Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta mengunjungi UTeM Malaysia untuk penjajakan kerjasama. (HUMAS UAA/JOGLO JATENG)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Delegasi dari Universitas Alma Ata Yogyakarta melaksanakan Kunjungan Kerjasama ke Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). Kunjungan itu berlangsung pada 7 Maret 2024.

UTeM, yang didirikan pada tahun 2000, memiliki sejarah yang kaya sebagai pusat pendidikan tinggi yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang teknologi.

Selamat Idulfitri 2024

Dengan berbagai program studi dan fasilitas canggih, UTeM telah tumbuh menjadi salah satu universitas terkemuka di Malaysia.

UTeM berfokus dalam aspek technical university atau disebut dengan Technical & Vocational Education and Training (TVET). Sehingga menarik perhatian mahasiswa dan profesional dari berbagai belahan dunia.

Baca juga:  Gelar Patroli Cegah Pencurian Rumah Kosong

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membahas peluang kolaborasi antara UAA dan UTeM.

Kedua pihak telah sepakat untuk melaksanakan kolaborasi dalam bentuk riset dan publikasi bersama, lecturer and student mobility, internship serta kegiatan MBKM lainnya.

Selain itu, UAA dan UTeM bersinergi dalam membangun hubungan dengan industri baik di indonesia dan malaysia sebagai jembatan international kolaborasi industrial.

Community Development and Engagement juga menjadi perhatian bagi kedua universitas. Dimana keduanya bersinergi untuk memberikan transfer pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan impact langsung di masyarakat.

Baca juga:  Komitmen Perangi Bullying Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Sambutan yang sangat hangat dan luar biasa dari UTeM terasa sekali dengan hadirnya puluhan Professor yang ikut menyambut tim UAA.

Termasuk diantaranya Prof. Dr. Zulkiflie Bin Ibrahim, Deputy Vice Chancelor Academic and International, Prof. Dr. Hidayat bin Zainuddin, Dean Faculty of Electrical Technology and Enginering, Prof. Dr. Mohd Sanusi bin Azmi, Dean Faculty of Information and Communication Technology.

Dengan semangat yang tumbuh dari kunjungan ini, Delegasi UAA melihat potensi untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Malaysia khususnya dalam bidang computer science, information system, dan health informatics.

Baca juga:  BI Sediakan 100 Kuota Penukaran Uang per Hari

Diharapkan kunjungan kerjsama ini menjadi langkah awal menuju kemitraan yang berkelanjutan antara UAA dan UTeM. (/khl)