Pati  

BNPB Kunjungi Korban Banjir Pati

SAMBANGI: Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan saat mengunjungi korban korban banjir di Dukuh Biteng Banjarsari, Gabus Pati, Selasa (19/3/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Banjir sudah melanda sejumlah wilayah di Kabupaten selama sepekan ini. Bencana ini pun mendapatkan perhatian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan mengunjungi korban korban banjir di Dukuh Biteng, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Dalam kunjungan tersebut ia didampingi Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Mayjen TNI Fajar Setiawan mengatakan, kunjungan ini meninjau banjir di wilayah Jawa Tengah. Mengingat, kata dia, ada sembilan kabupaten/kota yang dilanda banjir. Salah satunya yakni Kabupaten Pati.

Baca juga:  Warga Pasang Kursi Hingga Tanam Pisang di Jalan Juwana-Jetak

“Kami ke sini diutus pimpinan untuk mengecek korban banjir. Termasuk yang mengungsi,” kata dia.

Pihaknya juga memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Banjarsari. Yakni sebanyak 250 paket sembako, selimut, bantuan berupa tenda, pompa hingga alat memasak.

“Kita pastikan kebutuhan dasar sudah bagus. Intinya kebutuhan dasar tercukupi untuk jangka waktu banjir,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Mayjen TNI Fajar Setiawan menemui puluhan warga yang sudah menunggunya di tanda pengungsian. Warga pun mengeluhkan kondisi Desa Banjarsari yang tergenang banjir dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Baca juga:  Pemuda Gembong Pati Ditemukan Tewas Tenggelam

Dia pun mengobrol dengan beberapa warga terdampak dan kemudian memberikan sejumlah bantuan. Ia lalu mengecek pemukiman warga bersama rombongan dengan perahu karet. (lut/fat)