Antusiasme Siswa Tinggi, SMPN 5 Banguntapan Sukses Gelar Pesantren Kilat

MENDENGARKAN: Para siswi SMP Negeri 5 Banguntapan saat mengikuti kegiatan pesantren kilat, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – SMP Negeri 5 Banguntapan kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan pesantren kilat yang diikuti dengan antusiasme tinggi oleh siswa. Kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.

Guru PAI SMPN 5 Banguntapan, Arif Hidayanto menyebut, SMPN 5 Banguntapan mengadakan hari-hari terakhir pesantren kilat ini hingga pukul 11.00. Antusiasme mereka terlihat dari keikutsertaan dalam mendengarkan dakwah materi keislaman yang diajarkan.

Selamat Idulfitri 2024

“Dalam pesantren kilat ini, kami menggelar pengajian dan penyuluhan agama yang dipimpin oleh Ketua Urusan Agama wilayah Banguntapan. Materi yang disampaikan tidak hanya tentang aspek keislaman. Tetapi juga tentang nilai moral dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  MTsN 9 Bantul Dorong Kecintaan Beragama lewat Pesantren Ramadan

Pada pukul 17.00, lanjutnya anak-anak kembali ke sekolah untuk meriahkan puncak pesantren kilat dengan kegiatan buka bersama. Acara buka bersama tidak hanya menjadi ajang makan bersama, tetapi juga momentum untuk berbagi kebahagiaan.

“Tetapi sebelum acara buka bersama tersebut, kami memberikan tali asih kepada anak-anak sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi gemilang di sekolah,” tutur Arif.

Kemudian pada akhir sebelum libur sekolah, pihaknya menyebut, pelaksanaan zakat fitrah pada hari terakhir pesantren kilat. Sebanyak sekitar 50 orang menerima zakat fitrah ini. Termasuk guru honorer, warga sekitar sekolah, siswa, takmir masjid, dan ada warga dari luar sekolah yang juga turut menerima zakat fitrah ini.

Baca juga:  Bangun Keluarga Sehat & Produktif lewat Integrasi Pembangunan

“Pihak sekolah berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dan masyarakat sekitar dalam menjalankan ibadah dan nilai-nilai keislaman. Selain itu, kami juga berencana untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana terkait kegiatan keislaman di masa yang akan datang untuk seluruh warga sekolah,” pungkasnya. (suf/adf)