MTsN 6 Sleman Gelar Sanlat Ajak Siswa Tingkatkan Ilmu Keagamaan

ANTUSIAS: Siswa MTsN 6 Sleman saat mengikuti kegiatan sanlah di Pondok Pesantren Zuhriyah Rejodani, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

DALAM menyambut bulan Ramadan, MTsN 6 Sleman menyelenggarakan pesantren kilat (sanlat) bagi siswa kelas 7 dan 8 di Pondok Pesantren Zuhriyah Rejodani, belum lama ini. Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan ilmu keagamaan bagi siswa.

Pembimbing peserta sanlat Zein Ahmad mengatakan, kegiatan sanlat ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8, di mana mereka diajak untuk memperdalam keimanan mereka. Sebab, bulan Ramadan ini menjadi waktu yang pas untuk meningkatkan ibadah keagamaan. “Kegiatan ini diharapkan menjadi pemantik peserta didik menggali ilmu agama dan mempelajari hal-hal baik yang tidak diperoleh di sekolah,” ungkapnya.

Selamat Idulfitri 2024

Lebih lanjut, dalam kegiatan itu, siswa kelas 7 dan 8akan diberikan materi yang berbeda. Di mana untuk kelas delapan akan mengerjakan pre-test dengan mempelajari materi tajwid, akidah akhlak, fikih yang ditutup dengan post-test. Selain itu, mereka pun mengikuti beragam pembiasaan pesantren, seperti amalan-amalan juga salat berjamaah.

Baca juga:  MTsN 9 Bantul Gelar Sosialisasi ZI WBK, Komitmen Ciptakan Pelayanan Bersih dan Bebas Korupsi

“Harapannya mereka dapat siswa menjadi pribadi muslim yang tangguh di masa yang serba modern, juga penerus muslim yang lebih berpendidikan sesuai sunah Rosul SAW,” tambahnya.

Sementara itu, bagi kelas tujuh dilaksanakan rangkaian kegiatan, buka bersama, tadarus, tarawih, kajian kitab, lomba puisi dan pantun, tahajud, dan sahur bersama. Kegiatan itu dilakukan supaya mereka terbiasa untuk melaksanakan ibadah keagamaan nantinya.

“Dari kegiatan sanlat ini, siswa kami ajak untuk merasakan menjadi anak pondok, di mana mereka akan merasakan pola makan bersama ala santri. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk bersosialisasi siswa. Karena selama saat sanlat, mereka tidak diperkenankan membawa gawai.,” pungkasnya. (riz/abd)