Siaga Hadapi Gempa, SMP IT LHI Yogyakarta Gelar Simulasi Kebencanaan

SERIUS: SMP IT LHI terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan basic tentang gempa bumi agar tetap tenang ketika terjadi bencana di lingkungan sekolah, kemarin. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – SMP Islam Terpadu (IT) LHI di Yogyakarta menggelar kegiatan simulasi kebencanaan yang dikoordinir oleh lembaga Human Inisiatif (LHI), kemarin. Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bagian dari upaya sekolah dalam menjadi satuan pendidikan aman bencana.

Kepala SMP IT LHI, Fourzia Yunisa Dewi menyebut, simulasi ini melibatkan seluruh warga sekolah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan mitigasi terhadap dua unit, yaitu unit SD dan unit SMP.

“Pada semester sebelumnya, sekolah telah melaksanakan kegiatan terkait pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), asesmen, dan persiapan lainnya. Simulasi hari ini menjadi puncak dari persiapan tersebut, dengan tujuan menguji SOP yang telah dibuat dalam menghadapi gempa dan evakuasi,” ungkapnya.

Baca juga:  3 Bacalon Bupati & 5 Wakil Daftar di Golkar

Dikatakan bahwa SOP ini dirancang untuk mengurangi risiko dampak dari bencana alam, terutama di daerah rawan gempa seperti Yogyakarta.

Selain itu, SOP juga mekanisme untuk mengurangi risiko akibat dari bencana tersebut, baik secara fisik maupun psikologis.