Lomba Kalurahan Inovatif Tingkatkan Peran Pembangunan

SAMBANGI: Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melakukan evaluasi kalurahan inovatif di Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Senin (10/6/24). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyatakan bahwa lomba kalurahan inovatif yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat merupakan upaya untuk meningkatkan peran kalurahan (setingkat desa) dalam pembangunan daerah. Hal itu diungkapkannya saat melakukan evaluasi kalurahan inovatif di Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon (Kecamatan) Ngemplak, kemarin. Dikatakan bahwa kemandirian kalurahan menuntut setiap kalurahan untuk mengembangkan strategi inovatif, kreatif, dan tidak monoton.

Sebelumnya, Bupati Sleman beserta jajarannya telah melakukan evaluasi kalurahan inovatif di 17 kapanewon, dan Kalurahan Umbulmartani merupakan kalurahan terakhir yang dievaluasi. Setiap kalurahan yang dievaluasi merupakan perwakilan dari masing-masing kapanewon di Kabupaten Sleman.

Baca juga:  Okupansi Hotel DIY Menurun Dibanding Tahun Lalu

“Pada pelaksanaannya, evaluasi ini menyasar berbagai inovasi oleh kalurahan dalam simulasi pelayanan masyarakat serta berbagai aspek yang berkaitan dengan perekonomian, kesehatan, dan sosial. Saya berharap lomba kalurahan inovatif ini dapat memotivasi dan memberikan ruang bagi kalurahan untuk membuat inovasi dalam percepatan pelayanan tata kelola pemerintah kalurahan,” kata Kustini, Senin (10/6/24).

Menurut dia, kalurahan memiliki daya dukung besar terhadap pembangunan wilayah. Maka dari itu, membutuhkan inovasi yang mampu mengoptimalkan potensi dan keunggulan masing-masing kalurahan. “Kami yakin setiap kalurahan memiliki potensi dan keunggulan yang dapat dikembangkan menjadi ciri khasnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Dewan Desak Pemda Bantul Lebih Proaktif soal Pasar

Ia juga mendorong seluruh kalurahan untuk terus menciptakan terobosan dalam penyelesaian berbagai permasalahan di tingkat kalurahan. “Tidak hanya pelayanan administrasi, tetapi juga permasalahan lain seperti pengentasan masyarakat dari kemiskinan, kesehatan, bahkan infrastruktur wilayah,” tandasnya. (ara/abd)