2.100 Bibit Mangrove dan Cemara Ditanam di Pantai Mangunharjo Semarang, Rayakan Hari Lingkungan Hidup!

AKTIVITAS: Sejumlah peserta dari berbagai macam instansi saat menanam mangrove di Pantai Mangunharjo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Selasa (11/6/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Organisasi Pemulihan Lingkungan Hidup, Trees4Trees melakukan penanaman sebanyak 2.000 bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata dan 100 cemara laut jenis Casuarina equisetifolia di sepanjang Pantai Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang. Agenda ini diadakan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni dan Hari Laut Sedunia 8 Juni, yang jatuh berdekatan dengan HUT Trees4Trees, 11 Juni.

Program Manager Trees4Trees, Pandu Budi Wahono mengukapkan, tujuan dari kegiatan ini tidak hanya merupakan bentuk dukungan dan kontribusi pihaknya dalam memulihkan ekosistem pantai di area Pantai Mangunharjo. Namun, juga membantu mengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Termasuk erosi pantai yang masih kerap mengakibatkan rob.

Baca juga:  DPMPTSP Proyeksikan 25 Persen Industri di Jateng Manfaatkan Energi Terbarukan

“Selain itu, kenaikan air laut yang dapat menyebabkan banjir dan merugikan masyarakat yang menggantungkan penghidupan dari hasil laut dan tambak,” ucapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, kemarin.

Setelah melakukan penanaman mangrove di Pati, Cilacap dan pesisir Cianjur, kata Pandu, penanaman mangrove dan cemara laut di pantai di Mangunharjo Semarang. Upaya ini menjadi salah satu bagian dari upaya Trees4Trees dalam memulihkan ekosistem pesisir dan menciptakan sabuk hijau.

Tak hanya itu, lanjut Pandu, penanaman mangrove dan cemara laut ini pun melibatkan masyarakat lokal dari Kelompok Tani Mangrove Lestari untuk penyediaan bibit mangrove dan membantu penanaman mangrove. Adapun kelompok tani ini diketuai oleh salah satu penerima penghargaan Kalpataru 2024, Sururi yang telah mendedikasikan diri untuk pelestarian dan pemulihan ekosistem pesisir di Semarang sejak 1997 melalui penanaman mangrove.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 05 UIN Walisongo Membeli Bibit Tomat dan Terong Untuk Regenerasi Taman Kelurahan Patemon

Mewakili generasi muda, kata Pandu, 15 komunitas dari 12 universitas di Semarang juga bergabung dalam kegiatan penanaman yang dilanjutkan dengan bersih pantai. Komunitas tersebut antara lain Sabdapala Poltekes Semarang, Wapeala Undip, Mapala UIN Semarang, BEM KM Unwahas, Mapala Udinus, Mapala USM, Forpas Semarang. Kemudian, Psikopala Unika, IKAMAT, Youthcom Semarang, Himalaya Unimus, BEM KM Untag, Kamapala PGRI, KSG Unnes, dan Illir Project Unnes.

“Pada acara penanaman kali ini, pelibatan dan kerja sama dengan berbagai stakeholder menjadi fokus utama Trees4Trees. Sebab, hanya dengan berjalan bersama-sama, misi hijau untuk bumi yang lebih baik bisa kita capai,” jelasnya.

Baca juga:  KPK Beri Bimtek Keluarga Berintegritas pada 35 Kepala Dinas

Dirinya berharap, ke depan, Trees4Trees dapat menjadi organisasi yang lebih integratif dalam melaksanakan program penghijauan. Termasuk dalam pemulihan kawasan mangrove.

“Kami sangat mengapresiasi seluruh stakeholder yang turut hadir dan mendukung kegiatan Trees4Trees ini. Kami berharap dapat terus bekerja sama secara kolaboratif di masa depan,” ujar Pandu. (int/adf)