4 Ikon Baru Kota Boyolali yang Bikin Penasaran

  • Bagikan
Simpang Lima Boyolali
Simpang Lima Boyolali / boyolali.go.id

LINGKARJATENG.COM – Kabupaten Boyolali memiliki banyak ikon yang tersebar di penjuru kota. Di antara sederet ikon yang sudah dikenal masyaakat adalah Gedung Lembu Sora atau disebut juga Patung Sapi Ndhekem di dekat Alun-Alun Kidul.

Tahukah Anda, sejumlah ikon kota kini telah selesai di bangun. Keberadaannya pun semakin menambah cantik tata kota Boyolali.

Berikut empat ikon baru di Boyolali. Dikutip dari website resmi pemerintah daerah:

1. Menara Jagung

Menara Jagung setinggi 15 meter ini terletak di Pertigaan Jalan Soedirman,  Kompleks Perkantoran Pemkab Boyolali yang dibuat dari tembaga asli Tumang, Cepogo. Semua bagian jagung mulai dari biji dan kelopak luar terbuat dari tembaga. Selain alasan ketahanan, tembaga asli Tumang menjadi produk unggulan yang dimiliki Boyolali bahkan sudah terkenal ke daerah lain.

2. Monumen Susu Murni

Kabupaten Boyolali mendapat julukkan Kota Susu maka tak heran jika ikon Monumen Susu Murni dibuat untuk mengenalkan bahwa Boyolali sebagai penghasil susu. Monumen Susu Murni sering juga disebut Monumen Susu Tumpah oleh masyarakat, karena bentuknya yang menyerupai susu tumpah ke dalam wadah maka masyarakat lebih mudah mengingatnya dengan sebutan Monumen Susu Tumpah.

Monumen ini dibangun dengan tinggi 9 meter yang berlokasi di Kawasan Pasar Kota Boyolali (pusat kota).

3. Taman Tiga Menara

Berada di Bundaran Asrikanto, Dusun 3, Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Taman Tiga Menara ini berisi tiga miniatur dari tujuh keajaiban dunia yakni Menara Pisa, Menara Eiffel dan Patung Liberty.

Taman ini menjadi buruan masyarakat untuk swafoto, apalagi saat ini belum ada ketentuan tarif masuk hanya cukup membayar parkir jika membawa kendaraan sepeda motor atau mobil.

4. Monumen Tumpeng Merapi

Jika melintas di depan Museum R. Hamong Wardoyo pasti juga akan melihat Monumen Tumpeng Merapi, tepatnya di Persimpangan Tegalwire, Jl. Prof. Soeharso, Galihasri, Mojosongo.

Sesuai dengan namanya monumen ini berbentuk kerucut ke atas dengan warna berbeda di setiap bagian trapnya (5 tingkat) yaitu hijau, kuning, biru merah, dan unggu.

Monumen ini dibuat untuk memunculkan ikon bahwa Boyolali adalah salah satu daerah yang dilalui Gunung Merapi. Monumen Tumpeng Merapi diresmikan oleh Bupati Boyolali yaitu Seno Samodro, beserta peresmian ikon lainnya yaitu Taman Tiga Menara dan Monumen Susu Murni di Kawasan Bundaran Asrikanto (area Taman Tiga Menara).

  • Bagikan