Pati  

Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Memperkenalkan Inovasi Herbal Produk UMKM

ANTUSIAS: Salah seorang pengunjung saat berkunjung di stand untuk bertanya khasiat produk herbal kepada petugas pameran, Minggu (24/10). (ACHWAN A./JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menggelar pameran inovasi produk kesehatan herbal di depan Stadion Joyokusumo, Minggu (24/10). Berbagai macam produk kesehatan tradisional hasil produksi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang kesehatan dipajang untuk menarik minat pengunjung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Aviani Tritanti Venusia menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendukung program vaksinasi Covid-19. Kegiatan itu digelar terpusat selama dua hari di tempat yang sama.

“Selain vaksinasi kami juga menggelar sosialisasi pelayanan kesehatan tradisional. Kabupaten Pati memiliki potensi luar biasa dalam hal produk herbal sebagai obat alternatif,” terangnya.

Baca juga:  Bendung Karet Diklaim Bisa Atasi Kekeringan

Aviani mengungkapkan berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menarik minat masyarakat datang di gerai vaksinasi. Sebab pihaknya tengah berupaya mengejar capaian 50% vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal. Selain itu level PPKM akan turun kembali jika cakupan vaksinasi mencapai target.

“Banyak sekali produk herbal yang berkualitas produk pelaku UMKM. Seperti jamu temu lawak, jahe, empon-empon, kunir asem, bawang lanang dan lain-lain. Ini memiliki khasiat untuk menambah kesegaran badan,” jelasnya.

Selain itu ia menyebut produk-produk yang dipamerkan sebelumnya telah melalui pembinaan dari Dinas Kesehatan. Ia menegaskan, pengembangan produk tradisional perlu mendapatkan perhatian pemerintah. Agar produk yang dihasilkan berkualitas, higienis dan aman dikonsumsi.

Baca juga:  Pedagang di Pasar Sleko 2 tak Berjualan

Ia menyebutkan, bentuk pembinaan yang dilakukan yakni memberikan wadah untuk kegiatan pameran produk serta pendampingan perizinan. Sebab ia menginginkan produk herbal produk masyarakat Pati memiliki kualitas tinggi dan punya nilai jual lebih,

“Terlebih pada masa pandemi seperti ini, minuman jamu kembali pepuler dan dicari konsumen. Jamu bermanfaat untuk kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tidak mempersoalkan atau memilih jenis vaksin tertentu. Sebab pada intinya semua vaksin aman dan memiliki formula yang diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus korona.

Baca juga:  MtsN 1 Pati Beri Reward untuk 40 Siswa Berprestasi

“Baik Sinovac, AstraZeneca atau yang lain sama saja. Jadi masyarakat tak perlu khawatir atau pilah pilih,” tandasnya. (ahw/fat)