Pati  

Kibarkan Bendera Merah Putih di Tengah Sungai Juwana

KHIDMAT: Puluhan orang mengikuti ucapara di tengah Sungai Juwana yang digelar Jampisawan, Kamis (17/8). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) Pati memiliki cara unik dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78. Komunitas ini menggelar upacara di Sungai Juwana, Kamis (17/8).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan di tengah aliran Sungai Juwana yang berada di Desa Purworejo Kecamatan Pati. Cara unik ini dilakukan untuk mengajak masyarakat sekitar menjaga kelestarian sungai tersebut.

Puluhan orang mulai anak-anak hingga dewasa mengikuti upacara dengan khidmat. Mereka berasal dari warga sekitar, komunitas pecinta alam, organisasi masyarakat, pemerintah desa setempat, kepolisian, hingga anak sekolah.

Baca juga:  Dua Petugas KPPS Keguguran akibat Kelelahan

Ketua Jampisawan Sunhadi mengatakan, pengibaran bendera merah putih di Sungai Juwana ini bertujuan untuk membangkitkan semangat bersama dalam mewujudkan Sungai Juwana yang lestari. Pasalnya, ia menilai masyarakat sekitar masih abai tentang kepedulian lingkungan.

“Sungai Juwana ini merupakan bagian kehidupan masyarakat yang ada di Sungai Juwana, menjadi jantung kehidupan mereka. Jadi harus kita rawat. Jangan sampai ada yang membuang sampah sembarang di sungai,” ucap Sunhadi.

Sunhadi menambahkan, anak sekolah yang dilibatkan dalam upacara tersebut juga diharapkan bisa paham tentang peran Sungai Juwana. Yakni sebagai tumbuhan hidup masyarakat sekitar.

Baca juga:  Sebagian Petani di Pati belum Bisa Tanam

“Harapan saya untuk mengenal kepedulian lingkungan sejak dini kepada anak-anak ini. Karena sungai Juwana ini merupakan bagian hidup mereka,” ujar dia.

Sementara itu, Anggota KPA Wanameru, Abdul Hadi, bangga bisa ikut terlibat dalam upacara ini. Karena menurutnya, menjaga kelestarian lingkungan merupakan tugas penerus bangsa.

“Bagi kita penerus bangsa, tidak perlu melawan penjajah. Kita tidak perlu mengangkat senjata. kita hanya mempertahankan kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Termasuk menjaga lingkungan,” ungkapnya. (lut/fat)