Pati  

Ratusan Ribu Anak Segera Diimunisasi Polio

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia
Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sebanyak 128.526 anak berusia 0 sampai 7 tahun di Kabupaten Pati akan mendapatkan imunisasi polio dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Imunisasi tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi setelah penemuan positif polio di Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu.

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia mengatakan, tidak ada penemuan kasus positif polio di Kabupaten Pati. Namun imunisasi polio tersebut dilakukan secara serentak di Jawa Tengah sebagai langkah antisipasi.

“Di Pati memang belum ada kasus. Tetapi ini untuk berjaga-jaga. Karena setelah satu kasus ditemukan ini termasuk Kondisi Luar Biasa (KLB). Sehingga takutnya akan menyebar luas,” kata dia, Selasa (9/1/24).

Baca juga:  PKL di Jalan Panglima Sudirman Pati Bingung Cari Tempat Baru

Pihaknya menjelaskan, imunisasi polio akan diberikan dalam dua putaran pada tanggal 15-21 Januari dan tanggal 19-25 Februari. Dinkes Pati pun menargetkan 95 persen anak di Kabupaten Pati dapat terjangkau imunisasi tersebut.

“Imunisasi pertama pada bulan Januari dan kedua bulan Februari. Kemudian ada lima hari tambahan, kami akan menyisir anak-anak yang terlewat,” ujar dia.

Aviani menambahkan, imunisasi tersebut akan diberikan dengan berbagai cara. Dari mulai pemberian vaksin di lingkungan sekolah hingga puskesmas terdekat.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk mengatasi penyakit tersebut. Mengingat virus polio ini dapat memberi dampak besar bagi anak-anak. Seperti dapat menyerang saraf hingga memicu kelumpuhan secara permanen.

Baca juga:  MTsN 1 Pati Raih Dana SBSN 2024, 6 RKB Baru Segera Dibangun

“Harapan kami ada perhatian serius dari masyarakat untuk tidak membuang air sembarangan, kemudian tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun,” pungkasnya. (lut/fat)