Harga Bapok Diprediksi Melonjak Jelang Ramadan

SUASANA: Salah satu pedagang di Pasar Karang Ayu saat menjual dagangan di lapaknya, Rabu (28/2/24). (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Sejumlah pedagang di Pasar Karang Ayu Semarang memprediksi sejumlah bahan pokok bakal naik menjelang Ramadan. Hal itu sudah menjadi momentum setiap tahun.

“Kalau menjelang puasa biasanya ada kenaikan harga, seperti telur dan beras. Tapi ini kan (beras, Red.) sudah mulai pada panen. Jadi mungkin kalau ada kenaikan nggak parah,” kata seorang pedagang sembako, Nur Ahmad Yasin saat ditemui dilapaknya, Rabu (28/2/24).

Selamat Idulfitri 2024

Ia mengaku untuk harga telur sudah melonjak satu minggu sebelum Ramadan. Sebab permintaan yang meningkat dari masyarakat.

“Kalau telur biasanya juga naik, satu minggu sebelum puasa sampai puasa itu naik terus. Naik ini kan karena buat orang-orang bikin kue. Jadi lebih ke banyaknnya permintaan, kalau mau lebaran ginikan pada saat puasa sudah mulai bikin kue-kue untuk lebaran,” jelasnya.

Baca juga:  Dinkes Kota Semarang: 13 Titik Posko Kesehatan Beroperasi selama Masa Mudik

Adapun untuk harga beras saat ini, kata Nur, untuk beras premium masih tetap diharga Rp 17 ribu. Sementara untuk beras medium sudah mulai beranjak menurun sejak 5 hari lalu yakni diharga Rp 15 ribu. Sedangkan telur justru mengalami lonjakan harga.

“Premium masih diatas rata-rata, masih Rp 17 ribu. Kalau medium sekitar Rp 15 ribu yang biasanya Rp 15.500 sampai Rp 16 ribu sekarang sudah Rp 15 ribu. Untuk telur, sekarang beranjak naik, sama lima hari ini naik terus. Sekarang Rp 31 ribu, yang dulunya Rp 25 ribu,” jelasnya.

Baca juga:  Dishub Jateng: Kapasitas Jalan Sulit Tampung Lonjakan Kendaraan

Selain itu, Nur menyebut bahwa gula juga mulai mengalami lonjakan harga sejak dua minggu ini. Harga semula Rp 15 ribu sampai Rp 16 ribu, kini menjadi Rp 17.500 perkilo.

Senada, pedagang cabai Sarmi, mengaku bahwa akan ada lonjakan harga sebelum Ramadan tiba. Namun itu tak berlangsung lama, karena biasanya dipertengahan harga cabai, dan bawang-bawangan akan menurun kembali.

“Biasanya puasa dapat dua sampai lima hari itu mahal tapi nanti pertengahan puasa itu turun. Nanti seminggu sebelum lebaran naik lagi. Biasanya begitu,” katanya.

Baca juga:  Gibran Enggan Komentar soal Statusnya di PDIP

Adapun untuk harga cabai merah keriting dan cabai setan saat ini Rp 70 ribu, lalu cabai hijau Rp 35 ribu. Sementara untuk bawang merah Rp 35 ribu dan bawang putih diharga Rp 45 ribu perkilogramnya.

“Harga ini baru, cabai merah dan cabai setan turun. Cabai ijo naik. Kalau bawang-bawangan ini turun. Baru dua hari, kemarin, sama sekarang,” bebernya. (luk/adf)