Kudus  

UMK Gandeng Swasta Tanam Ratusan Bibit Pohon

BERSAMA: BLDF foto bersama usai melakukan penanaman bibit pohon, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Melanjutkan penandatanganan MoU pada Januari lalu, Universitas Muria Kudus (UMK) bersama dengan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) menggelar aksi menanam dengan tajuk Giat UMK Lestarikan Bumi. Kegiatan ini melibatkan 200 mahasiswa dan civitas UMK, serta menanam hingga 200 bibit pohon dengan berbagai jenis seperti durian, sawo, mangga, alpukat, dan kelengkeng. Lokasi penanaman pohon digelar di area milik UMK Dukuh Bae Bendo, Kecamatan Bae, Kudus.

BLDF telah mengadakan kolaborasi bersama beberapa universitas di Jawa Tengah dan Jawa Barat yang disebut Kampus Darling sejak 2022. Gerakan Kampus Darling selalu disambut baik oleh pihak universitas untuk mendorong dan meningkatkan kepedulian generasi muda, khususnya mahasiswa/i terhadap lingkungan.

Selamat Idulfitri 2024

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMK, Dr. Sugeng Selamet menyampaikan, dengan kecepatan dampak perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan, sebagai manusia punya tugas untuk menanam dan merawat pohon menjadi semakin mendesak. Melalui setiap pohon yang ditanam, dapat memberikan kontribusi tak ternilai dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Baca juga:  Pamsimas Desa Karangmalang Layak Minum

“Kami melihat misi kegiatan BLDF ini selaras dengan apa yang ingin dicapai oleh kampus UMK, yaitu mengajak peran generasi muda dalam berkontribusi untuk kegiatan peduli lingkungan,” tuturnya kepada Joglo Jateng.

Dirinya juga berpesan setiap harinya sebagai individu agar dapat berkontribusi dalam mempertahankan keberlangsungan hidup di bumi, seperti menanam pohon. Serta tak perlu minder jika kontribusinya kecil. Namun, jika dilakukan bersama-sama dengan konsisten, perubahan yang besar akan tercipta.

“Saya mengajak para mahasiswa untuk bergandeng tangan, memperkuat komitmen dalam menanam pohon, sehingga dapat mewujudkan mimpi akan bumi yang hijau dan sejuk,” tandasnya.

Baca juga:  Jelang Liburan Idul Fitri, Babinsa Imbau Security Tingkatkan Penjagaan

Sementara itu, Program Director BLDF, Bambang Haryanto juga menyampaikan pemilihan bibit pohon diharapkan dapat dirasakan nikmatnya untuk masyarakat sekitar di Dukuh Bae Bendo. Masing-masing bibit pun mencapai puluhan dari masing-masing jenis tanaman buah.

“Kita harus berkolaborasi dengan semua dan membuat perubahan yang lebih besar untuk lingkungan. Melalui kegiatan Kampus Darling, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan UMK. Kami berharap, kolaborasi ini bisa berlanjut dan pohon yang telah ditanam bukan sekadar peneduh,” ucapnya. (cr3/fat)