Kudus  

Disdag Kudus Targetkan Perputaran Uang Rp 15,5 Miliar di Dandangan 2024

RAMAI: Suasana tradisi Dandangan di malam hari ramai pengunjung, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menargetkan perputaran uang sebesar Rp 15,5 miliar pada tradisi Dandangan tahun ini. Rencananya mekanisme saat ini lebih efisien dibanding dengan tahun kemarin.

Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kudus, Andi Imam Santosa mengatakan, pada 2024 estimasi perputaran uang selama penyelenggaraan tradisi Dandangan sebesar Rp 15,5 miliar dengan jumlah pengunjung sekitar 70.000 orang. Perkiraan ini mempertimbangkan ada 2 akhir minggu dan 1 hari libur nasional selama pelaksanaan Dandangan.

Selamat Idulfitri 2024

“Dalam pelaksanaan Tradisi Dandangan juga terdapat pentas budaya lokal di Alun-alun Kudus Kulon dan Sholawat Akbar di Alun-alun Simpang Tujuh yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung Dandangan,” ujarnya.

Baca juga:  @HOM Hotel Kudus Bagikan Seribu Takjil

Lanjut dia, kokasi yang digunakan untuk berjualan dalam Tradisi Dandangan 2024 di sepanjang Jl. Sunan Kudus sampai dengan perempatan Jember, Jl. Kyai Telingsing, dan Jl. Menara sampai perempatan Sucen, sedangkan untuk pedagang lesehan disediakan tempat di Jalan Jepara kudus dari perempatan jember sampai dengan Pasar Jember.

“Tradisi Dandangan 2024 mengambil tema “Warisan Budaya Nusantara” dilaksanakan pada 1 sampai 11 Maret 2024 dengan kawasan Menara Kudus sebagai pusat penyelenggaraan. Kemudian, pembukaan Tradisi Dandangan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2024 jam 19.30 WIB di Alun-alun Kudus Kulon,” ucapnya.

Baca juga:  Produksi Jenang Mubarok Kudus Naik 3 Kali Lipat, Karyawan Ditambah 100 Orang

Jumlah tenda/stan yang disediakan sebanyak 440 buah yang digunakan oleh 380 pedagang terdiri dari 275 pedagang lokal Kudus dan 105 pedagang dari luar kota. Selain itu diperkirakan ada 300 pedagang lesehan dari lokal Kudus yang ikut meramaikan Dandangan yang tidak menggunakan tenda yang telah disediakan (memanfaatkan bahu jalan).

“Perkiraan perputaran uang pada Tradisi Dandangan 2023 selama 10 hari pelaksanaan sebesar Rp 14 miliar dengan jumlah pengunjung ± 60.000 orang,” jelasnya. (cr3/fat)