Kudus  

Sambut Libur Lebaran, Obyek Wisata Diminta Bersiap

BERSIHKAN: Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Kudus tengah bersiap menyambut Libur Lebaran 2024, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng –  Sebagai persiapan menyambut libur lebaran, sejumlah pengelola destinasi wisata di Kabupaten Kudus diminta untuk bersiap. Tak hanya keindahan. Sejumlah aspek, seperti keamanan dan kenyamanan dipersiapkan dengan matang untuk menyambut wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah menjelaskan, koordinasi telah dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan objek wisata. Beberapa pihak seperti BPBD, Pol PP, Dishub Polres hingga seluruh camat juga turut berperan untuk mewujudkan sapta pesona.

Selamat Idulfitri 2024

“Sebagai bentuk antisipasi pengamanan ekstra, kami bersama BPBD Kudus melakukan pemetaan destinasi wisata rawan bencana. Sebab keselamatan pengunjung akan menjadi prioritas kami,” jelasnya.

Baca juga:  Hasan Chabibie: Ramadan Momentum Membangun Jiwa Manusia

Tika juga memastikan keamanan makanan atau pangan bagi wisatawan yang berlibur. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus untuk memonitoring kegiatan-kegiatan dari para pelaku usaha kuliner.

Termasuk juga dengan sejumlah tempat oleh-oleh. Ia meminta agar pelayanan dalam hal makanan juga diutamakan.

“Kami berkoordinasi dengan Puskesmas untuk penjaminan layanan kesehatan bagi wisatawan. Karena itu juga menjadi bagian penting dalam penyiapan objek wisata,” ungkapnya.

Mutrikah juga mengupayakan agar akses jalan yang dilalui wisatawan aman dan nyaman. Termasuk kondisi lampu penerangan jalan menurutnya harus diperhatikan.

Baca juga:  Meriahkan Milad dengan Ngabuburit Sastra

“Intinya kami berpesan kepada setiap pengelola objek wisata untuk intens berkoordinasi dengan dinas terkait kesiapannya. Mereka juga diharapkan komunikatif dengan satuan pengamanan setempat seperti Polsek ataupun Koramil,” tandasnya. (cr1/fat)