SMP 2 Jetis Gelar Acara Pesantren Kilat Tema Adab Berpuasa

PENUH: Tampak siswa dari SMP 2 Jetis tengah mendengarkan ceramah dari ustaz yang didatangkan dalam acara pesantren kilat di halaman sekolah, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) 2 Jetis kembali menggelar acara pesantren kilat tahunan dengan tema Adab Berpuasa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini sekolah tersebut membagi waktu khusus untuk putra dan putri.

Ketua panitia pesantren kilat SMP 2 Jetis, Yayan Kastowo menyebut, acara ini diselenggarakan pada dua hari. Yaitu pada Rabu (27/3) untuk putri, sedangkan Kamis (28/3) diselenggarakan khusus untuk siswa putra.

Selamat Idulfitri 2024

“Meskipun terbagi dalam dua hari dengan peserta yang berbeda, namun topik yang dibahas tetap fokus pada Adab Berpuasa. Sedangkan untuk umat Kristiani, juga mengikuti pembelajaran agama juga dengan guru pembimbingnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Lima Sekolah di Bantul Miliki Kelas Khusus Olahraga, Ini Daftarnya

Pihaknya menyebut, total peserta yang mengikuti acara ini mencapai 462 siswa, dengan 201 di antaranya adalah siswa perempuan dan sisanya siswa laki-laki. Acara dibuka dengan tadarus Al-Quran selama 15 menit diikuti dengan penyampaian materi dari ustaz.

“Pada hari pertama, materi disampaikan oleh ustaz Kuswoyo, sementara pada hari kedua oleh ustaz Suyati. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendekatkan anak-anak dengan sang pencipta terutama di bulan suci Ramadan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, pada puncak pesantren kilat juga diadakan pembagian zakat. Dana yang terkumpul dari zakat ini akan disalurkan kepada seluruh siswa peserta dan masyarakat sekitar Canden pada Selasa (2/4) mendatang.

Baca juga:  40 Saka Pramuka Pariwisata Dilantik, Beri Pendampingan Wisatawan

“Melalui Serangkaian acara ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran berharga bagi siswa. Tidak hanya dari segi keagamaan namun juga kepedulian sosial. Terlebih dalam menumbuhkan adab dan karakter siswa,” pungkasnya. (suf/abd)