Punya Kursi Terbanyak di Jateng, PDIP Bisa Maju Pilkada tanpa Koalisi

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono
Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menyebut bahwa PDI Perjuangan berpeluang maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang tanpa koalisi. Hal itu merujuk pada jumlah perolehan kursi di DPRD Jateng yang sudah lebih dari 24 kursi.

Diberitakan sebelumnya, bahwa PDI Perjuangan menjadi partai dengan perolehan terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) Februari lalu. Yakni sebanyak 33 kursi dari 120 alokasi perolehan suara di DPRD Jateng.

“Kalau rumusnya sesuai dengan ketentuan pencalonan kan seperti itu ya (bisa maju tanpa berkoalisi, Red.). Sementara tadi tertinggi dari PDI perjuangan 33 (kursi, Red.). Kalau di Jawa Tengah berarti (dari, Red.) 120 itu perlu 24 kursi. Itu dapat mengajukan pasangan calon. Jadi kalau 33 tentu melampaui syarat minimum itu tadi,” jelas Handi usai Rapat Pleno Terbuka Penghitungan dan Penetapan Perolehan Jumlah Kursi serta Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kantor KPU Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Mbak Ita Jajaki Komunikasi dengan DPC Gerindra

Selain PDI-P, partai lain yang memperoleh kursi cukup banyak. Yakni PKB, Gerindra, Golkar, dan PKS. Adapun rinciannya, PKB 20 kursi, Gerindra dan Golkar sama-sama mendapat 17 kursi, serta PKS 11 kursi.

“Kami telah menetapkan alokasi untuk 120 kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah dan juga untuk calon terpilihnya. Seperti yang kami bacakan tadi untuk masing-masing partai politik dan nama-nama,” jelasnya.

Sementara partai lainnya yakni Nasdem mendapat 3 kursi, PAN sebanyak 4 kursi, Partai Demokrat memperoleh 7 kursi, PSI sejumlah 2 kursi, dan PPP sebanyak 6 kursi. Dengan demikian, PDI-P dipastikan menjadi parpol satu-satunya yang dapat mengikuti kontertasi pilgub tanpa berkoalisi. (luk/adf)