Jepara  

Diskominfo Jepara Dorong Semua Desa Segera Bentuk PPID

PAPARAN: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan saat memberikan arahan kepada Carik se-Kabupaten Jepara, Senin (8/7/24). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Sesuai dengan peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2018 tentang standard layanan informasi publik desa, maka setiap desa harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa. Sebab Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi suatu keniscayaan yang tak terhindarkan dan harus disikapi dan dihadapi dengan nyaman.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, Arif Darmawan. Ia menyampaikan hal itu dalam acara peningkatan kapasitas bagi carik se-kabupaten Jepara di Aula Sultan Hadlirin Gedung OPD Bersama Kabupaten Jepara, Senin (8/7/24).

Baca juga:  KPU Jepara akan Terjunkan 3.414 Pantarlih

Kepala Dinas Kominfo Jepara menyampaikan, dengan adanya PPID desa tentunya alur pelayanan informasi akan lebih mudah dan efisien. Selai itu, transparansi pada KIP bisa terwujud.

“Semua desa di Jepara tentunya sudah memiliki laman website. Sehingga PPID desa bisa diintegrasikan dan diakses melalui laman website tersebut dan yang pasti langkah ini nantinya bisa lebih efisien,” katanya

Arif menjelaskan, dengan mekanisme tersebut, tentunya jika lembaga atau masyarakat yang hendak memerlukan informasi atau dokumen dapat terlayani dengan baik. Sehingga tidak perlu dokumen fisik dan cukup hanya mengunduhnya di laman web PPID desa.

Baca juga:  Witiarso Utomo, Bakal Calon Bupati Jepara Bagikan 1 Ton Beras untuk Warga Kurang Mampu

“Semua informasi baik itu berupa informasi publik desa berkala, serta merta, setiap saat atau pun informasi publik desa yang dikecualikan tentu mengaturnya nanti tidak akan repot lagi, sebab data telah siap dan tinggal mengunduhnya,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, informasi yang terbuka tidak berarti semua informasi dan dokumen sifatnya terbuka bebas tetapi yang dimaksud terbuka adalah lebih berorientasi pada transparansi.

“Terkait informasi yang terbuka, satu sikap yang harus kita pahami adalah informasi tersebut harus ditimbang dulu dan harus dikaji secara mendalam. Agar nantinya tidak menimbulkan problem, pertimbangan itu harus diutamakan tentunya,” tandas Arif.

Baca juga:  Pemkab Jepara Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Saat ini, salah satu desa di Kabupaten Jepara yang bisa dijadikan percontohan terkait PPID desa adalah desa Jambu Kecamatan Mlonggo. Arif berharap seluruh desa di Kabupaten Jepara agar segera dibentuk PPID desa yang nantinya akan diketuai oleh carik atau sekretaris desa. (cr4/fat)