Proyek Taman Diperiksa BPK, Ini Tanggapan Sekda Grobogan

PERIKSA: Tim BPK didampingi pegawai DLH sedang mengecek Taman Segitiga Emas di Jalan R. Suparman kemarin.(MUHAMAD ANSORI/LINGKAR JATENG)

GROBOGAN– Tim Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) melakukan pemeriksaan terhadap kegiatan pembangunan di Kabupaten Grobogan. Diantaranya di  Taman Segitiga Emas, Jalan S. Suparman dan Taman Tugu Adipura Nlejok Purwodadi kemarin.

Anggota Tim BPK Hari Laksono mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan fisik pembangunan Taman Segi Tiga Emas secara sampling. Dari pemeriksaan di tempat tersebut belum menemukan temuan penyimpangan.

“Selain taman ini (Taman Segitiga Emas, red), kami juga cek ke Tamn Adipura, Soekarno, R. Suprapto, dan Simpang Lima. Kita nanti sample juga, ini BPK baru turun, baru mengumpulkan dokumen. Tapi untuk cek fisiknya baru di Taman Segitiga Emas, belum ada temuan baru,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya melakukan pemeriksaan secara bertahap, kemudian akan melakukan klarifikasi ke rekanan untuk mecocokkan jumlah volumenya sudah sesuai atau ada kekurangan. Selanjutnya BPK juga akan melakukan pengecekan di Tanam Adipura di Nglejok Purwodadi yang pembangunannya waktu lalu sempat molor beberapa hari.

“Yang molor sudah kita lihat. Nanti kita cek molornya berapa hari, kemudian rekanan sudah setor apa belum. Karena rekanan kena denda. Mungkin lebih detailnya, dari DLH akan kita lihat lagi dokumennya,” bebernya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Sumarsono mengungkapkan, pemeriksaan oleh BPK dalam rangka audit LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah). Pihaknya meyakini pemerikaan tersebut akan berjalan lancar dan tidak ada temuan yang berarti.

“Jadi seluruhnya diperiksa. bukan hanya Adipura kebetulan yang kelihatan Tugu Adipura sama Segi Tiga Emas. Tapi semuanya diperiksa dalam rangka untuk evaluasi. Insya Allah, nggak ada masalah karena kita sesuai prosedur dalam melaksanakan,” jelas Sumarsono. (ori/lut)