Disabilitas Turut Kibarkan Merah Putih dan Gelar Berbagai Perlombaan

  • Bagikan
KIBARKAN: Tampak petugas upacara yang semangat dalam mengibarkan bendera merah putih meskipun memiliki keterbatasan. (SYAMSUL HADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) dalam rangka HUT RI ke-77 mengadakan upacara bendera merah putih. Salutnya, petugas maupun peserta upacara merupakan difabel.

Ketua FKDK Rismawan Yulianto mengatakan, ada sekitar 50 orang yang mengikuti upacara bendera kali ini. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, ini merupakan bentuk kontribusi kepada negara.

“Kita ingin berkontribusi kepada negara, yakni dengan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 ini. Harapannya, bisa meneladani para pejuang-pejuang yang sudah meninggalkan kita,” ucapnya.

LOMBA: Beberapa peserta tengah mengikuti perlombaan yang digelar oleh FKDK dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

Sementara itu, setelah upacara digelar pihaknya mengadakan berbagai perlombaan. Yakni ada lomba kelereng menggunakan kursi roda, make up dengan mata tertutup, menggantungkan ceting, estafet karet, estafet tepung, tebak kata, dan makan krupuk.

Baca juga:  Antisipasi Bencana, Pemkab Kudus Lakukan Apel Siaga

“Ada tujuh lomba inklusi yang digelar kali ini, yang mana dalam lomba ini kami tidak membeda-bedakan dan bisa diikuti semua peserta. Baik yang mengalami kelumpuhan maupun lainnya. Dari kursi roda bisa merasakan bagaimana teman-teman memakai kursi roda. Juga mengajarkan bagaimana susahnya merasakan make up dengan mata tertutup,” terangnya.

Menurutnya, kemerdekaan kali ini menjadi momentum untuk lebih mengapresiasi teman-teman disabilitas. Pasalnya, sampai saat ini disabilitas belum inklusi di Indonesia khususnya di Kudus.

“Biarpun mereka mempunyai keterbatasan, namun bisa ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan upacara dan lomba yang bisa diikuti seperti ini. Momentum ini hendaknya dijadikan sebagai pelecut diri untuk semangat lagi mewujudkan Kudus inklusi,” pungkasnya.(sam/fat)

  • Bagikan