Implementasi Asmaul Husna terhadap Perilaku Sehari-hari

Oleh: Titik Ardiati, S.Ag.
Guru PAI SMPN 2 Karangtengah, Kabupaten Demak

MANUSIA merupakan makhluk yang memiliki derajat paling tinggi yang diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi ini. Hal itu dikarenakan manusia diciptakan dengan dibekali akal pikiran yang diberikan, manusia harus mampu menggunakan akal pikirannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya akal pikiran yang diberikan, manusia dapat mengasah kecerdasan sebagai bekal hidupnya di dunia dan sebagai persiapannya di kehidupan yang selanjutnya, yaitu akhirat.

Selamat Idulfitri 2024

Manusia diciptakan oleh Allah SWT di dunia ini tidak semata-mata hanya untuk menjadi khalifah saja, tetapi juga harus memberikan yang terbaik dari apa yang bisa diberikan sebagai hamba kepada tuhannya. Seorang hamba yang beriman kepada tuhannya harus memiliki rasa mahabbah yang tinggi kepada penciptanya. Mahabbah itu bisa ditunjukkan dengan bagaimana seorang hamba beribadah kepada tuhan yaitu Allah SWT dan selalu mengagungkan nama-Nya.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran dalam surat Thaha ayat 8 yang mana mengandung makna bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan memiliki Asmaul Husna. Sebelum kita membahas lebih jauh terkait Asmaul Husna sebagai nama-nama Allah SWT, kita akan membahas terlebih dahulu terkait dengan makna ibadah, yang mana ibadah ini menjadi kegiatan yang dilakukan oleh makhluk Allah untuk terhubung kepada penciptanya yaitu Allah SWT. Sejauh ini, banyak sekali yang menganggap bahwa ketika seorang hamba telah melakukan rukun iman dan rukun Islam, maka sudah gugur kewajibannya.

Sebagian dari manusia (umat Islam) menganggap ibadah terlalu sempit, sehingga melupakan ibadah-ibadah yang lainnya. Padahal dalam Islam mengajarkan bagaimana agar dapat mendapatkan kebahagiaan di akhirat dan kebahagiaan dan kemajuan selama hidup di dunia. Jika membahas hal tersebut, maka akan memiliki hubungan yang sangat erat dengan asma Allah, atau yang sering kita kenal dengan Asmaul Husna atau nama-nama yang agung.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Asmaul Husna merupakan nama-nama agung yang dimiliki oleh Allah yang mengandung arti yang luar biasa indah. Nama-nama yang sangat melekat dengan Allah ini diberikan agar manusia bisa berlindung dan memohon kepada Allah. Nama-nama ini diberikan oleh Allah secara langsung untuk manusia memuji asmanya. Dalam Asmaul Husna ini terdapat banyak sekali kebaikan dan keberkahan yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia dan di akhirat.

Pembacaan Asmaul Husna akan memberikan jembatan untuk kita bis terhubung kepada Allah tuhan Pencipta alam. Asmaul Husna menjadi media mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai pengharapan manusia kepada Allah akan hal-hal baik yang diperjuangkan.

SMP N 2 Karangtengah secara rutin setiap pagi memiliki tradisi untuk membaca Asmaul Husna ini. Karena dalam Asmaul Husna mengandung makna-makna yang bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh keluarga SMP N 2 Karangtengah ini. Dengan pembiasaan ini, diharapkan nilai-nilai yang ada dalam Asmaul Husna bisa melekat di dalam hati dan pikiran keluarga besar SMP N 2 Karangtengah khususnya untuk peserta didik.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Makna-makna yang terdapat dalam Asmaul Husna memiliki nilai lebih dalam memberikan pencerahan hati kepada manusia. Dengan memiliki keyakinan dan pemahaman yang tinggi mengenai sifat-sifat Allah yang terkandung di dalam Asmaul Husna, maka kita memiliki kelebihan dan kedudukan yang tinggi. Melalui pembiasaan yang dilakukan SMP N 2 Karangtengah, diharapkan mampu memberikan pedoman dan kekuatan kepada peserta didik dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan mampu membawa kebahagiaan di dunia dan di akhirat. (*)