Kendal  

Eratkan Persaudaraan Antarwarga di Momen HUT RI, Karang Taruna ‘Optik’ Gelar Krajan Fest

SIMBOLIS: Prosesi pemotongan pita oleh Kepala Dusun Krajan Chamdani bersama seluruh perangkat Desa Kaligading dalam pembukaan karnaval, Rabu (16/8) malam. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KENDAL, Joglo Jateng – Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, setiap tahunnya masyarakat Dusun Krajan, Desa Kaligading, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal menyelenggarakan sejumlah kegiatan.

Tahun ini, peringatan dirgahayu kemerdekaan Indonesia disemarakkan dengan rangkaian agenda bertajuk Krajan Fest yang berlangsung pada Rabu (16/8) dan Kamis (17/8). Ratusan warga dari 6 RT di Dusun Krajan dan stakeholder Desa Kaligading turut meramaikan kegiatan ini.

Ketua Karang Taruna ‘Optik’ Dusun Krajan Fandy Nugroho mengungkapkan, Krajan Fest yang digelar untuk mempererat persaudaraan antarwarga ini diisi dengan berbagai perlombaan, karnaval, hingga pengajian.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 126 UIN Walisongo Adakan Pembukan di Balai Desa Sukodadi Kendal

“Ini juga sebagai ajang guyub rukun nyengkuyung bareng warga dusun guna mempererat persaudaran, juga mengkampanyekan menjaga alam,” ujarnya.

Bentuk kampanye menjaga alam diwujudkan dalam karnaval yang berlangsung pada Rabu (16/8) malam, dimana setiap RT membawa aneka hasil bumi untuk diarak, kemudian diambil warga.

“Acara berlangsung aman lancar dan meriah karena disengkuyung bareng seluruh elemen yang ada,” kata Fandy.

Kepala Desa Kaligading, Rofi’i memberikan apresiasi kepada warganya yang telah kompak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 dengan mengingat dan meneruskan perjungan para pendahulu. (mg4)

Baca juga:  Tambah Pengetahuan Agama Anak, KKN Posko 06 UIN Walisongo Ikut Mengajar TPQ di Desa Tanjungsari

“Ini adalah bentuk rangkaian, bagaimana kita menghormati jasa-jasa pahlawan terdahulu dan mensyukuri kekayaan alam yang ada. Sehingga kita dapat menjaga kekayaan alam tersebut sebaik-baiknya,” ungkapnya. (mg4)